Bentrok Polisi dan Demonstran Kembali Pecah di Hongkong

Bentrok Polisi dan Demonstran Kembali Pecah di Hongkong

Bentrokan Polisi dan Demonstran Kembali Pecah di Hongkong. (foto - Reuters)

Hongkong - Kendati  pihak  kepolisian  telah  mengeluarkan  larangan,  ribuan  warga  kembali  melakukan  unjuk  rasa  di Hongkong. Aksi  anti-pemerintah tersebut memaksa pihak kepolisian untuk menembakkan gas air mata. 

Dilansir Reuters, Minggu (11/8/2019) polisi menembakkan gas air mata ke arah demonstran saat bom bensin meledak di distrik pusat Kota Wan Chai. Dua bom bensin dilemparkan dan api berkobar di jalanan. Sementara tembakan gas air mata dan polisi anti huru-hara membuat sejumlah pengunjuk rasa melarikan diri. 

Ribuan orang termasuk lansia dan keluarga beserta anak-anak turun ke jalan di bawah terik matahari menuntut pihak berwajib mendengarkan tuntutan masyarakat. Khususnya penyelidikan independen atas penanganan krisis oleh pemerintah dan apa yang mereka katakan perlakuan polisi yang brutal.


Polisi telah menangkap sedikitnya 16 orang, yang diduga terlibat unjuk rasa pada Sabtu kemarin, termasuk pertemuan tak berizin dan kepemilikan senjata. 

Sejumlah aksi demonstrasi yang memicu kericuhan telah membuat Hongkong memasuki krisis politik paling serius selama beberapa dekade, mendorong pemerintah Beijing mengambil sikap tegas. Pihak berwajib telah menahan lebih 600 orang sejak aksi protes bergulir sejak Juni lalu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,