Banjir terjang Tiga Negara Bagian India Tewaskan 169 Orang

Banjir terjang Tiga Negara Bagian India Tewaskan 169 Orang

Banjir terjang tiga negara bagian di India. (foto - PTI)

Bengaluru - Pihak  berwenang  India  melaporkan,  korban  tewas  akibat banjir di tiga negara bagian yakni Negara Bagian Karnataka, Kerala dan Maharashtra bertambah menjadi 169 orang. Tim penyelamat berpacu dengan waktu untuk mengevakuasi sisa korban yang terjebak banjir.
 
Dilansir Aljazeera, Senin (12/8/2019) hujan deras dan tanah longsor memaksa ratusan ribu orang berlindung di kamp-kamp bantuan. Sementara layanan kereta dibatalkan di beberapa daerah India yang diterjang banjir.
 
Di negara bagian selatan Kerala, sekitar 57 orang tewas dalam insiden yang berhubungan dengan hujan deras. Sedangkan lebih dari 165.000 lainnya berada di kamp-kamp pengungsian. "Beberapa rumah masih tertutup lumpur setinggi 10-12 kaki. Ini menghambat pekerjaan penyelamatan," kata Menteri Negara Kerala, Pinarayi Vijayan.
 
Pihak berwenang khawatir, operasi penyelamatan terhambat badai dan curah hujan, yang diprediksi melanda beberapa bagian Kerala. "Orang-orang menghadapi banyak masalah. Air datang dari segala arah dan telah masuk ke semua rumah," kata Ajeet Pattankudi, seorang warga setempat yang berhasil dievakuasi.
 
Pada tahun lalu, lebih dari 200 orang tewas di Kerala dan lebih dari lima juta lainnya terkena dampak salah satu banjir terburuk di India dalam 100 tahun terakhir. Sementara di Karnataka beberapa bangunan di Hampi, sebuah kota kuno yang menjadi situs warisan dunia dilanda banjir.
 
"Sejauh ini, 60 orang dilaporkan tewas dalam insiden yang berhubungan dengan hujan, kata kepala menteri negara bagian BS Yediyurappa," sebutnya. Ia menambahkan, hampir 227.000 lainnya tinggal di kamp-kamp bantuan.
 
Di negara bagian Maharashtra, angka kematian mencapai 30 meski situasi banjir membaik. Meski begitu, pihak berwenang mengatakan akan sulit untuk memulihkan layanan kereta di beberapa daerah yang dilanda banjir dalam dua pekan ke depan.
 
Karnataka, Kerala dan Maharashtra telah menjadi yang paling terdampak dalam bencana banjir tahun ini. Sejumlah negara bagian lainnya termasuk Gujarat, Assam dan Bihar juga telah mengalami kerusakan parah akibat bencana serupa. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,