Pembongkaran lapak PKL tandai penataan kawasan Cicadas

Pembongkaran lapak PKL tandai penataan kawasan Cicadas

Lapak PKL Cicadas mulai dibongkar untuk dilakukan penataan. (foto - Humas)

Bandung  -  Penataan  Pedagang  Kaki  Lima  (PKL)  kawasan  Cicadas  memasuki  babak  baru  setelah,  terkatung - katung lama. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana melakukan soft launching di sekitar Pasar Cicadas, pada 15 Agustus 2019.
 
Lapak PKL di sekitar Cicadas pun mulai dibongkar baik oleh pedagang, warga serta petugas dari Satpol PP Kota Bandung, Damkar PB Kota Bandung serta SKPD terkait.
 
"Puluhan lapak PKL kita bongkar untuk ditertibkan sejak Senin malam, karena di situ trotoarnya sudah tidak layak, mungkin nanti dari pihak DPU akan diperbaiki," kata Kepala Bidang Trantibum Satpol PP Kota Bandung Taspen Effendi, Selasa (13/8/2019).
 
Untuk lokasi PKL yang ditertibkan menurut Taspen, mulai dari depan bangunan eks matahari sampai ke arah Pasar Cicadas. Selain membongkar lapak, trotoar pun dibersihkan dengan cara disemprot oleh petugas dari Diskar PB.
 
"Tidak ada penolakan karena warga dan komunitas PKL yang membongkar dibantu dengan oleh Satpol PP Kota Bandung dengan beberapa tim. Alhamdulillah berjalan lancar, hanya karena memang itu sudah puluhan tahun jadi debunya luar biasa," katanya.
 
Sementara itu, Koordinator PKL Cicadas Suherman mengatakan, pembongkaran tahap pertama ini sekaligus menandai dimulainya penataan PKL di kawasan Cicadas, yang sudah direncanakan sejak lama.
 
Total sebanyak 30 lapak PKL Cicadas telah dibongkar dan dibersihkan. Lapak yang telah dibongkar akan segera dipasang tenda, seperti yang telah disepakati antara pedagang dan pihak Pemerintah Kota Bandung.
 
"Sekarang lagi dirapikan agar besok malam sudah terpasang. Alhamdulillah pedagang sudah sepakat dan menerima. Bahkan mereka membongkar sendiri dan dibantu dengan Satpol PP dan PD Kebersihan," katanya.
 
Herman menyatakan, lapak PKL Cicadas mencakup sekitar 602 pedagang terbentang sepanjang kurang lebih 700 meter. Pembongkaran dan pembersihan lapak akan dilakukan setiap malam hari. Ditargetkan, penataan lapak PKL Cicadas selesai pada September mendatang. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,