Puncak hujan Meteor Hiasi Langit Indonesia Selasa-Rabu Ini

Puncak hujan Meteor Hiasi Langit Indonesia Selasa-Rabu Ini

Puncak hujan Meteor di langit Indonesia Selasa malam hingga Rabu pagi. (foto - PennLive)

Bandung - Kepala  Lembaga  Penerbangan  dan Antariksa Nasional  (Lapan)  Thomas Djamaluddin menyatakan, fenomena tahunan hujan meteor perseid bisa diamati oleh masyarakat di seluruh Indonesia.
 
Fenomena hujan meteor tersebut bisa disaksikan mulai Selasa 13 Agustus 2019 malam sekitar pukul 22.00 WIB hingga Rabu (14/8/2019) pada pukul 05.00 WIB pagi.
 
"Setiap pertengahan Agustus, Bumi berpapasan dengan gugusan debu sisa komet Swift-Tuttle. Hal itu menyebabkan terjadinya hujan meteor perseid," kata Thomas Djamaluddin.
 
Namun demikian, tidak semua penghuni di belahan bumi ini bisa menikmati hujan meteor dari rasi perseus kali ini. Untuk wilayah Indonesia, fenomena antariksa tersebut akan melintasi langit mulai malam ini.
 
Meski demikian, fenomena hujan meteor yang melintasi langit Indonesia akan sedikit terganggu oleh cahaya bulan purnama.
 
"Meteor itu merupakan debu sisa komet, karena yang perseid ini ukurannya beragam, ada yang terang dan ada yang redup. Terangnya bulan jelang purnama cukup mengganggu. Biasanya kalau dalam kondisi normal (gelap tanpa cahaya bulan), bisa dilihat mencapai puluhan meteor per jamnya," sebut Thomas. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,