Jalur Selatan Kembali Normal Pasca-KA Galunggung Anjlok

Jalur Selatan Kembali Normal Pasca-KA Galunggung Anjlok

Sejumlah penumpang keluar dari gerbong KA Galunggung yang anjlok di dekat Stasiun Bumiwaluya Malangbong Garut. (foto - Polsek Malangbong)

Garut - Tim  PT  Kereta  Api  Indonesia  (KAI)  Daop 2  Bandung  berhasil  mengevakuasi  gerbong  Kereta  Api Galunggung yang anjlok di dekat Stasiun Bumiwaluya Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, Kamis (15/8/2019) pagi.
 
Evakuasi gerbong tersebut dilakukan dengan menggunakan peralatan manual. Petugas mengangkat dua as roda gerbong yang keluar rel, hingga mengakibatkan bantalan rel kereta mengalami kerusakan sepanjang kurang lebih 20 meter.
 
Setelah berhasil dievakuasi dan dikembalikan ke posisi di atas rel, gerbong KA Galunggung yang anjlok  ditarik menggunakan kereta luar biasa, dan selanjutnya dibawa ke Balai Yasa untuk diperbaiki.
 
Setelah gerbong dievakuasi, jalur selatan kembali normal, meski kecepatan kereta yang melintas dibatasi karena masih dilakukan perbaikan bantalan dan rel kereta yang rusak. "Untuk jalur kereta sendiri dilihat dari volume KA yang melintas tidak ada masalah, hanya mengalami perlambatan di titik gerbong yang anjlok," kata Kapolsek Malangbong Iptu Abusono.
 
Sejauh ini, sejumlah petugas PT KAI masih memperbaiki bantalan rel yang rusak di lokasi kejadian, agar jalur selatan bisa digunakan dan dilalui dengan kecepatan normal.
 
Seperti diketahui, KA Galunggung relasi Kiaracondong Bandung - Tasikmalaya anjlok, Kamis sekitar pukul 08.14 WIB. Gerbong anjlok tak jauh dari Stasiun Bumiwaluya Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Kejadian itu sempat membuat sejumlah perjalanan kereta melalui jalur selatan tertunda.
 
Namun, akibat kereta anjlok dalam membuat puluhan penumpang panik. Mereka turun dari gerbong, sesaat setelah kereta berhenti. Saat proses evakuasi, perjalanan sejumlah kereta terhambat, antara lain KA Lodaya relasi Bandung - Yogyakarta - Solo dan KA Argo Wilis relasi Bandung - Gubeng Surabaya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,