Reshuffle Kabinet Selamatkan Pemerintahan Jokowi-JK

Reshuffle Kabinet Selamatkan Pemerintahan Jokowi-JK

kabinet Kerja.

Jakarta -Disarankan kepada Presiden Jokowi untuk melakukan 'reshuffle' kabinet dalam waktu 4-6 bulan ke depan guna menyelamatkan pemerintahan Jokowi-JK. Demikian Sekretaris Pusat Kajian (Pusaka) Trisakti Fahmi Habsyi.
 
"Ada beberapa menteri yang tidak mampu kerja dan semakin memperburuk komunikasi politik Jokowi-JK," kata Fahmi di Jakarta, Senin (1/12/2014).

Untuk itu, kata dia, Pusaka Trisakti akan melakukan evaluasi, riset dan menghimpun masukan publik tentang kinerja menteri selama tig bulan, dan akan mempublikasikan sebagai pertimbangan Jokowi-JK untuk merombak kabinet.

Penulis puisi Pemimpin Tanpa Kuda ini mengatakan sejak awal Pusat Kajian Trisakti menempatkan diri sebagai mitra strategis kritis kabinet Jokowi-JK dan berkewajiban menyelamatkan pemerintahan Jokowi-JK bukan mengamankan jabatan menteri-menterinya.

"Jadi jika langkah dan komunikasi politik yang dibangun menteri malah menguras "ATM Politik" Jokowi-JK bukan memperkuat kualitas pemerintahan Jokowi-JK, maka Pusaka Trisakti yang paling terdepan meminta Jokowi-JK mengganti beberapa menteri di kabinet, dibanding rakyat yang meminta Jokowi-JK turun," papar Fahmi yang menjadi seteru Fadli Zon dalam Pilpres 2014.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan masa ketiban pulung sudah habis. Banyak menteri yang tak terbangun militansi pada masa 'berdarah-darah', kegalauan dan perjuangan Pak Jokowi-JK pada pilpres.

"Kata tokoh politbiro China Zhu Rongji, potong seekor ayam untuk takuti ayam lainnya," kata mantan aktivis '98 ini.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR Fadli Zon menganggap banyak menteri yang tidak sesuai dengan bidangnya, memilah menteri-menteri yang jalan dan yang tidak jalan, mana yang pencitraan, mana yang benar-benar kerja, dan mana asal ngomong.

Fadli pun menyarankan agar Jokowi mulai mengevaluasinya dan mempersiapkan 'reshuffle' kabinet dalam 3 bulan.

"Walau saya seteru Fadli dalam adu puisi masa pilpres. Saran Fadli dapat dipertimbangkan ketika kita lihat beberapa menteri yang tidak mampu kerja dan memperburuk komunikasi politik Jkw-JK. Tapi tidak seekstrim 3 bulan, beri waktu 4-6 bulan," demikian Fahmi.(Ode)
.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,