Lapas Sorong Terbakar Terpicu Provokasi Massa pada Napi

Lapas Sorong Terbakar Terpicu Provokasi Massa pada Napi

Lapas Sorong Terbakar Terpicu Provokasi Massa pada Napi. (foto - ist)

Sorong - Provokasi terhadap narapidana oleh massa yang sedang berunjuk rasa diduga menjadi pemicu aksi pembakaran ruangan kantor di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sorong Kota, Senin (19/8/2019) sore.
 
Demikian disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto. Menurutnya, penyebab pembakaran berawal dari adanya provokasi yang dilakukan massa pada saat mendatangi Lapas.
 
Selain memprovokasi, massa juga melakukan pelemparan ke arah bangunan Lapas. "Saat pendemo melakukan pelemparan ke arah Lapas, para napi terprovokasi hingga balik melakukan pelemparan dan berujung lempar-lemparan dan melawan petugas untuk keluar," katanya. 
 
Lantaran mendapat perlawanan dari petugas lanjut Ade, para narapidana melakukan pembakaran ruang kerja atau kantor Lapas. Mereka kemudian berhasil keluar dan sebagian dari mereka melarikan diri.
 
Ade menyatakan, saat terjadinya pembakaran tidak ada aparat kepolisian dan TNI yang datang memberikan bantuan. Sebab, pihak keamanan juga mengamankan sejumlah titik yang mendapat penyerangan dari massa yang sedang berunjuk rasa.
 
"Jadi saat pembakaran. Aparat keamanan juga lagi menjaga sejumlah titik, yang diserang oleh  massa pendemo,” kata Ade. Terdapat satu petugas Lapas yang terluka akibat coba mencegah aksi pembakaran terhadap Lapas. 
 
Ada satu orang petugas kami yang terluka saat mencegah aksi anarkis dari narapidana. Sedangkan, apakah ada narapidana yang terluka, kami belum mendapat laporannya," tegas Ade. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,