Pemerintah Gelontorkan Rp 152 M Jatah Mobil Baru Menteri

Pemerintah Gelontorkan Rp 152 M Jatah Mobil Baru Menteri

Para menteri Jokowi nantinya bakal mendapat mobil baru. (foto - ist)

Jakarta - Para  menteri  terpilih  pada  Kabinet  Baru  Presiden  Jokowi  bakal  menerima jatah mobil baru dari pemerintah. Hal itu diketahui dari dokumen Layanan Pengadaan Sistem Elektronik, Selasa (20/8/2019).
 
Pada laman itu, diketahui ada pengadaan kendaraan dinas untuk menteri, tertanggal 19 Maret 2019. Instansi yang bertanggung jawab atas pengadaan itu yakni Kementerian Sekretariat Negara. Dari dokumen itu terpampang nilai total mobil yang akan dipakai menteri Jokowi angkanya cukup fantastis, mencapai Rp 152 miliar.
 
Berdasarkan daftar, diketahui ada 41 perusahaan yang mengikuti lelang. Namun, akhirnya hanya empat perusahaan yang dinyatakan layak. Keempatnya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan kendaraan bermotor. Merek yang ditawarkan sama, yakni salah satu nama besar asal Jepang.
 
Syarat untuk bisa menjadi peserta lelang cukup banyak. Selain harus memiliki Nomor Peserta Wajib Pajak, mereka juga sebelumnya pernah menyediakan barang pada divisi selama minimum satu tahun.
 
Peserta wajib memiliki bengkel untuk servis berkala, serta punya layanan purnajual yang mumpuni. Mulai dari layanan perbaikan, layanan penyediaan suku cadang hingga derek 24 jam.
 
Mengenai harga, pada dokumen tertera total nilai kendaraan yang dibutuhkan mencapai senilai Rp 152 miliar. Namun, sayangnya tidak diketahui apa jenis dari kendaraan yang dimaksud.
 
Adapun keempat perusahaan yang dinilai layah, yakni PT Astra International Tbk, PT Agung Automall, PT New Ratna Motor serta PT Hadji Kalla. Semuanya merupakan nama besar di kalangan otomotif.
 
Astra international adalah induk dari PT Toyota Astra Motor, agen pemegang merek Toyota di Tanah Air. Agung Automall merupakan salah satu diler Toyota dari grup Agung Concern. New Ratna Motor dikenal sebagai diler Toyota Nasmoco di Jateng. Sementara, Hadji Kalla bergerak dalam bisnis penjualan mobil Toyota di Sulawesi.
 
Dari penawaran yang masuk, Astra International ditunjuk sebagai pemenang. Selain menyediakan kendaraan, mereka juga diwajibkan untuk mengurus semua hal yang berkaitan dengan servis berkala serta layanan purnajual. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,