Akibat Konflik Lebih 2.1 Juta Orang Irak Mengungsi

Akibat Konflik Lebih 2.1 Juta Orang Irak Mengungsi

Akibat Konflik Lebih 2.1 Juta Orang Irak Mengungsi

Baghdad- Jumlah pengungsi akibat konflik di Irak terus naik dan telah mencapai lebih dari 2,1 juta orang, demikian Misi Bantuan PBB untuk Irak mengatakan Ahad.

PBB juga mengatakan bahwa kondisi satu juta pengungsi yang kini berada di daerah Kurdi bagian utara kini mengkhawatirkan karena musim dingin telah tiba.

Sebagian besar pengungsi di Irak terpaksa meninggalkan rumahnya ketika gelombang kekerasan melanda negara tersebut pada awal 2014 dan setelah munculnya serangan kelompok garis keras pada Juni sampai Agustus lalu.

Rangkaian kekerasan itu terus memaksa ribuan orang kehilangan rumah, demikian keterangan PBB yang juga menambahkan bahwa daerah yang paling terdampak adalah Kirkuk.

"Badan humanitarian tambahan dan perhatian lebih sangat dibutuhkan untuk memperluas bantuan terhadap para pengungsi internal di Kirkuk," kata PBB saat mengumumkan perkembangan terbaru kondisi kemanusiaan di Irak, Senin (1/12/2014).

Selain itu, salju juga mulai turun di sebagaian wilayah administrasi Dohuk--terletak di bagian barat laut Provinsi Kurdi dan menjadi tempat pelarian sebagian besar pengungsi Irak.

"Kurangnya pemanas ruangan untuk tenda dan peralatan non-makanan lainnya akan berdampak negatif bagi bagi kesehatan para pengungsi sepanjang musim dingin," kata PBB dalam laporannya.

Sementara itu organisasi kemanusiaan The Action Against Hunger (ACF) mengatakan bahwa para pengungsi sering kali berada dalam kondisi memprihatinkan seperti di ruangan terbuka, tenda, ataupun dalam gedung yang belum selesai dibangun.(Ode)**

 

.

Categories:Internasional,