Rusuh Jayapura, Lapas Abepura Dibakar Massa 4 Tahanan Kabur

Rusuh Jayapura, Lapas Abepura Dibakar Massa 4 Tahanan Kabur

Lapas Klas IIA Abepura dibakar imbas kerusuhan di Jayapura. (foto - ist)

Jayapura - Aksi massa yang berujung rusuh di Kota Jayapura Papua berimbas pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA  Abepura. Ruang bengkel kerja di lapas tersebut dibakar massa, hingga 4 tahanan diketahui melarikan diri.

"Kerusuhan tersebut mengakibatkan ruang bengkel kerja di Lapas Abepura terbakar," kata Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Ade Kusmanto, Jumat (30/8/2019).

Menurutnya, ruangan tersebut terbakar pada Kamis 29 Agustus karena ada sejumlah tahanan yang melakukan provokasi. Para tahanan itu pula disebut Ade berupaya untuk merebut senjata sejumlah petugas lapas.

"Karena mendapatkan perlawanan dari sekelompok narapidana yang berusaha melarikan diri dari pos atas, kalapas memerintahkan petugas untuk menyelamatkan diri membawa senjata yang dipegang dengan cara meloncat dari pos atas. Satu orang petugas pos atas mengalami patah tulang," katanya.

Namun untuk saat ini lanjut Ade, situasi di Lapas Abepura sudah kondusif. Jumlah napi saat ini 689 orang, yang seharusnya 693 orang karena ada 4 orang yang kabur. Kronologi kaburnya 4 tahanan bermula dari adanya informasi pergerakan massa ke arah Lapas Abepura, yang membuat layanan kunjungan keluarga di lapas dihentikan sementara.

"Setelah layanan kunjungan dihentikan, kalapas dan petugas melakukan pengamanan secara persuasif ke dalam. Petugas mengajak seluruh narapidana untuk berdialog dan menyampaikan alasan, untuk sementara layanan kunjungan dihentikan dan para narapidana mengerti atas kebijakan itu," tegas Ade.

Para tahanan lalu diminta masuk ke blok masing-masing, tetapi ada yang tidak berkenan karena ingin menonton televisi demi mengetahui kondisi di luar lapas. Tiba-tiba keributan terjadi karena sejumlah napi melempar batu ke arah perkantoran lapas. Mereka menyerang petugas lapas dan berhasil kabur. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,