Emil, 'Bukan Ibukota yang Pindah tapi Pusat Pemerintahan'

Emil, 'Bukan Ibukota yang Pindah tapi Pusat Pemerintahan'

Emil, Bukan Ibukota yang Pindah tapi Pusat Pemerintahan. (foto - Huma)

Bandung - Gubernur  Jawa  Barat  Ridwan  Kamil  menyatakan,  wacana  yang  ia  gulirkan  bukan  tentang  pemindahan  ibukota, melainkan hanya pusat pemerintahan Provinsi Jabar.

Emil menjelaskan, wacana pemindahan pusat pemerintahan Provinsi Jabar memang sudah disiapkan sejak lama. Namun, hal itu baru digulirkan saat pembahasan mengenai rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) bersama DPRD Jabar belum lama ini.

"Pada waktu itu saya rapat dengan DPRD Jabar. Saya menjelaskan mengenai rencana tata ruang dan wilayah (RTRW). Saat itu saya membahas tentang ruang masa depan. Jadi pusat pemerintahan yang kita bahas, bukan ibukota," kata Emil, Jumat (30/8/2019).

Menurutnya, sejauh ini memang belum ada keputusan terkait pemindahan ibukota dari Kota Bandung. Hanya saja, memang ada pengkajian khusus mengenai pemindahan lokasi pemerintahan Provinsi Jabar yang terpusat di satu tempat.

"Kita lihat kan kantor dinas (Pemprov Jabar) ada yang di Kota Cimahi, lalu di pinggiran kota, saya lihat ini tidak efektif, tetapi jika berkumpul maka akan efisien. Pelayanan publik pun nantinya dipastikan tidak akan menclak-menclok seperti saat ini," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,