Tangkuban Parahu kembali Erupsi semburkan abu 150 meter

Tangkuban Parahu kembali Erupsi semburkan abu 150 meter

Gunung Tangkuban Parahu kembali erupsi. (foto - PVMBG)

Bandung - Gunung  Tangkuban  Parahu  kembali  mengalami erupsi, pada  Sabtu (31/8/2019) pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu teramati sekitar 150 meter dari dasar kawah.
 
Petugas Pengamat Gunung Tangkuban Parahu Hendri Deratama mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas ketebalannya cenderung mengarah ke barat daya.
 
"Ya, meletus tadi sekitar pukul 9.30 WIB. Kolom abu kurang lebih kurang 150 meter dari kawah," kata Hendri. Sementara erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi ± 45 detik.
 
Ia mengatakan, sejauh ini, Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level II (Waspada). Untuk itu, ia mengimbau bagi pengunjung atau wisatawan serta pendaki Gunung Tangkuban Parahu tidak mendekati kawah yang berada di puncak, dalam radius 1,5 km dari kawah aktif.
 
"Untuk itu, kami rekomendasi jarak aman berada pada radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Tangkuban Parahu," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,