Utang 10 Miliar, Aulia Jaminkan Sertifikat Rumah-bengkel Suami

Utang 10 Miliar, Aulia Jaminkan Sertifikat Rumah-bengkel Suami

Aulia Kesuma, tersangka otak pembunuhan suami dan anak tirinya. (foto - ist)

Jakarta - Aulia  Kesuma  (45),  tersangka  otak  pembunuhan  suaminya  Edi Candra Purnama  alias  Pupung Sadili dan anak tirinya Adi Pradana alias Dana, terjerat utang Rp 10 miliar untuk usaha restoran.
 
Aulia disebut berutang dengan jaminan dua sertifikat, yakni rumah dan bengkel milik suaminya. "Utang itu dilakukan oleh AU (Aulia) untuk usaha restoran. Di top up sampai Rp 1 miliar itu gagal dan di top up lagi sampai Rp 10 miliar, dengan jaminan dua sertifikat milik suaminya," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto di Polda Metro Jaya Jakarta, Senin (2/9/2019).
 
Suyudi menceritakan awal mula Aulia dan Pupung berkenalan hingga menikah. Ia menyatakan, keduanya berkenalan lewat Facebook dan mulai menjalin hubungan hingga menikah. "Berkenalannya dari media sosial Facebook," katanya.
 
Sebelumnya polisi menilai Aulia Kesuma, tersangka kasus pembunuhan berencana dengan korban suami-anak tirinya, tak konsisten dalam memberikan keterangan. Aulia kini ditahan di Rutan Mapolda Metro Jaya untuk menjalani proses penyidikan, yang sebelumnya sudah diperiksa di Polres Sukabumi.
 
"Tersangka AK sudah diserahkan ke Polda Metro Jaya. Tentunya kita akan memeriksa lagi, karena keterangannya tidak konsisten," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Penyidik akan mencocokkan keterangan AK dengan tersangka lain.
 
Polisi pun berencana melakukan prarekonstruksi dan rekonstruksi untuk menguak fakta yang sebenarnya. "Tentunya keterangan semua tersangka kita padukan. Tersangka eksekutor, tersangka A dan S, tersangka yang keponakannya, GK itu. Nanti ada prarekontruksi dan rekonstruksi," katanya.
 
Seperti diketahui, Aulia Kesuma merencanakan melakukan pembunuhan terhadap Edi Candra Purnama alias Pupung Sadili (54), suami yang dinikahinya 9 tahun lalu dan anak tirinya, M Adi Pradana alias Dana (23).
 
Kepada polisi saat diperiksa di Polres Sukabumi, Aulia mengaku motif pembunuhan dilatarbelakangi rasa kesal lantaran Pupung enggan menjual aset rumahnya untuk membayar utang Aulia ke bank yang mencapai Rp 10 miliar. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,