IEMS 2019, Pameran Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

IEMS 2019, Pameran Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

IEMS 2019 menampilkan sejumlah mobil listrik yang ramah lingkungan. (foto - ist)

Jakarta - Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, menjadi ajang khusus yang memamerkan kendaraan bermotor listrik pertama di Indonesia. Gelaran pameran dan seminar itu digelar di Balai Kartini Jakarta, pada 4 hingga 5 September 2019 dan di Kantor BPPT Serpong, 7 September 2019.
 
IEMS 2019 dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Perindustrian, Menteri Perhubungan dan Kepala Staf Kepresidenan. Pemeran bertema "Electric Vehicle for Smart Transportation" itu merupakan inisiatif yang dilakukan untuk memperdalam dan memperluas pemahaman masyarakat Indonesia tentang kendaraan bermotor listrik.
 
"Sejak diterbitkannya Perpres No. 55 Tahun 2019, BPPT dan beberapa Kementerian menyambut baik tentang sosialisasi mengenai kendaraan listrik," kata Kepala BPPT Hammam Riza, pada pembukaan IEMS 2019, Rabu (4/9/2019).
 
"Kami juga melakukan sosialisasi penggunaan produk dalam negeri, sebagai wujud nasionalisme dan kemandirian kita dalam membangun industri nasional dengan TKDN yang tinggi," lanjutnya.
 
Sebagai sarana untuk memperdalam pemahaman mengenai kendaraan bermotor listrik, IEMS 2019 menyuguhkan seminar, sharing knowledge dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam. Menghadirkan para stakeholder, pakar, akademisi dan pelaku industri kendaraan listrik.
 
Sementara itu, mobil listrik yang dipajang dalam pameran tersebut antara lain Toyota C-HR Hybrid, mobil baterai listrik i-ROAD, Mitsubishi Outlander PHEV, Nissan Leaf, Wuling E100 serta DFSK Glory E3.
 
Hammam Riza mengatakan, IEMS 2019 merupakan upaya BPPT dalam menyosialisasikan pentingnya kendaraan ramah lingkungan. Lewat pameran itu, diharapkan masyarakat lebih memahami dampak positif dari penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL).
 
IEMS 2019 juga menjadi pembuka jalan bagi BPPT dalam mengoptimalisasikan kesiapan untuk memasuki era KBL. Ia berharap, Indonesia tidak hanya menjadi pasar bagi kendaraan ramah lingkungan, tapi juga memperoleh manfaat di berbagai sektor, termasuk ekonomi.
 
Ajang IEMS 2019 sekaligus menjadi garis finish dari perjalanan Tim Jambore Rally Mobil Listrik ITS Surabaya  - Jakarta. Jambore itu merupakan rally kendaraan listrik melewati Jalur Selatan sejauh 800 Km dari Surabaya menuju Jakarta, yang sudah dimulai pada 28 Agustus 2019 lalu. (Jr.)**
.

Categories:Otomotif,
Tags:,