Aulia Kesuma Jalani 58 Adegan Rekonstruksi di lima Lokasi

Aulia Kesuma Jalani 58 Adegan Rekonstruksi di lima Lokasi

Rekonstruksi menghadirkan tiga tersangka yang diperagakan di lima lokasi. (foto - ist)

Jakarta  -  Secara  keseluruhan  ada  58  adegan  rekonstruksi   pembunuhan  Edi  Chandra  Purnama  alias  Pupung  Sadili (54) dan anaknya M Adi Pradana alias Dana (23), yang diperagakan oleh tiga tersangka. Yakni Aulia Kesuma (AK), S dan A, Kamis (5/9/2019). Sementara penyidik menggunakan peran pengganti untuk tersangka KV.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, rekonstruksi digelar di lima lokasi yakni Apartemen Kalibata City, rumah Aulia dan Edi di kawasan Lebak Bulus Jakarta Selatan, area warung makan di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jalan Pengadegan Selatan serta Hotel OYO di Pasar Minggu Jakarta Selatan.

"Rekonstruksi itu sendiri diawali di Kalibata (Apartemen Kalibata City), di sana ada 26 adegan. Artinya, adegan pertama dimulai dari keterangan tersangka 1 (Aulia), kemudian dibenarkan oleh tersangka yang lain (S dan A)," kata Argo Yuwono.

"Setelah dari Kalibata lalu ke Lebak Bulus yang memeragakan 29 adegan. Nanti tergantung daripada penyidik, adegannya bisa bertambah jumlahnya. Semuanya ada 58 adegan," lanjutnya. Tersangka Aulia Kesuma sendiri merencanakan pembunuhan di Apartemen Kalibata City, tepatnya di hunian milik KV lantai 20.

Di apartemen tersebut lanjut Argo, Aulia membeli obat tidur jenis Vandres dan handuk kuning. Nantinya, obat tidur itu dicampur ke dalam jus dan minuman keras untuk diberikan kepada Edi dan Dana. Sementara handuk kuning digunakan untuk membekap Edi dan Dana.

Obat nyamuk yang nantinya digunakan untuk membakar rumah dibeli di sebuah toko di Jalan Pengadegan Selatan Jakarta Selatan. "Ada beberapa adegan di apartemen dan juga dilakukan adegan persiapan. Misalnya, membeli beberapa barang seperti obat nyamuk yang tujuannya untuk dibakar (di rumah Lebak Bulus)," katanya.

 
Warga berkerumun yang ingin melihat rekonstruksi tersangka Aulia Kesuma.
 
 
Sementara di Apartemen Kalibata City, Aulia sempat menarik uang tunai senilai Rp 5 juta. Uang tersebut nantinya diberikan Aulia kepada kedua pembunuh bayaran, S dan A. Sedangkan adegan rekonstruksi di rumah kawasan Lebak Bulus Jaksel tertutup bagi awak media.

Agenda rekonstruksi tersebut berlangsung mulai pukul 17.00 WIB dan hingga pukul 20.00. Untuk rekonstruksi pembakaran mobil nantinya akan diagendakan untuk digelar di Polda Metro Jaya Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, pembunuhan berencana itu berawal ketika Aulia merasa sakit hati kepada Edi. Aulia berharap, rumahnya di kawasan Lebak Bulus Jakarta Selatan dijual untuk melunasi utangnya senilai Rp 10 miliar. Aulia pun memutuskan untuk membunuh Edi dan Dana dengan cara diracun dan dibakar.

Aulia dibantu KV, anak kandungnya dan dua pembunuh bayaran berinisial S dan A untuk menghabisi nyawa suami dan anak tirinya. KV hingga kini masih menjalani perawatan di RS Polri Kramat Jati Jakarta Timur, karena terkena luka bakar saat berusaha membakar ayah tirinya yang sudah tak bernyawa di dalam mobil.

Selain Aulia dan KV, polisi telah menangkap S dan A, pembunuh bayaran untuk membunuh Edi. Kedua pembunuh bayaran itu ditangkap di Lampung Timur oleh tim Jatanras Polda Metro Jaya dibantu jajaran Polda Lampung. Keempat tersangka dijerat Pasal 340 KUHP dengan ancaman hukuman mati. (Jr.)**
 
 
Aulia Kesuma mengawali rekonstruksi di Apartemen Kalibata City.



.

Categories:Nasional,
Tags:,