Simak, Saturnus Sembunyi di Balik Bulan Minggu Malam Ini

Simak, Saturnus Sembunyi di Balik Bulan Minggu Malam Ini

Fenomena Saturnus sembunyi di balik Bulan. (foto - Art.com)

Jakarta  -  Bagi  masyarakat   yang  menggemari  keindahan  alam  khususnya  bidang  Astronomi  bisa  menikmati  sebuah fenomena alam yang menarik, Minggu (8/9/2019) malam ini. Ya, fenomena Saturnus bersembunyi di balik Bulan.

Demikian informasi yang diperoleh dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengenai seputar Okultasi Saturnus. Okultasi itu sendiri diartikan sebagai peristiwa astronomis ketika sebuah benda langit tampak dilintasi benda langit lainnya, berdasarkan sudut pandang pengamat.

"Okultasi terjadi ketika objek langit yang berukuran relatif lebih besar, menutupi atau melintas di depan objek yang berukuran lebih kecil, apabila diamati dari Bumi," demikian cuitan Lapan lewat akun Twitter resminya.

Lapan pun memaparkan fenomena Saturnus tersebut bisa diamati langsung secara bersamaan dengan Bulan. Sehingga peristiwa ketika planet bercincin itu menghilang di balik permukaan Bulan akan dapat diamati tanpa instrumen tambahan.

Perlu diperhatikan, bagi mereka yang tertarik untuk menyaksikan kejadian alam itu, agar mencari posisi kedua objek tersebut di langit. Kedua benda langit itu cukup mudah dikenali. Artinya, tidak ada kesulitan untuk mencari posisi keduanya.

"Fenomena alam tersebut dapat diamati di wilayah Indonesia antara lain di wilayah Pulau Jawa, Papua, Kalimantan Selatan serta wilayah di sekitarnya," sebutnya.

Lewat informasi yang disampaikan Lapan juga menyebutkan, sebagian masyarakat Indonesia bisa menikmati detik-detik Saturnus "dilahap" Bulan yang berada di depannya. (Jr.)**

Daftar okultasi Saturnus berdasarkan wilayah:

.

Categories:Infotech,
Tags:,