Kamar Jenazah RSUD Salatiga Jawa Tengah Ludes Terbakar

Kamar Jenazah RSUD Salatiga Jawa Tengah Ludes Terbakar

Kebakaran kamar jenazah di RSUD Salatiga. (foto - ist)

Semarang - Ruang jenazah RSUD Salatiga Jawa Tengah ludes terbakar, Minggu (8/9/2019). Angin kencang dan cuaca panas membuat api terus membesar hingga sulit dipadamkan.

Kebakaran awalnya diketahui seorang petugas kebersihan Ahmad Suaedi, warga Candirejo Kelurahan Candi Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Ia telah melihat asap mengepul dari arah kamar jenazah sekitar pukul 12.05 WIB.

"Saksi melakukan pengecekan dan ternyata benar, asap tersebut berasal dari kamar jenazah. Ia lalu meminta bantuan kepada sekuriti untuk menghubungi pihak pemadam kebakaran," kata anggota Barisan Relawan Pemadam Kebakaran (Balakar) Kabupaten Semarang Andresa Enggar.

Ketika petugas pemadam kebakaran belum tiba di lokasi kejadian, kobaran api sudah merembet ke hampir seluruh ruang kamar jenazah hingga sulit untuk dipadamkan.

Api baru bisa dipadamkan setelah dikerahkan enam unit mobil pemadam kebakaran Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, dibantu satu unit kendaraan suplai air bersih dari PMI Kota Salatiga.

"Ketika terjadi kebakaran tidak ada penjaga dan saat itu kamar jenazah dalam keadaan kosong. Hanya berisi peralatan seperti freezer (alat pendingin) dan meja serta kursi," katanya. "Selesai pemadaman sekitar pukul 14.50 WIB," lanjutnya.

Tidak ada korban jiwa atau jenazah yang berada di dalam saat ruangan jenazah RSUD itu terbakar. Sementara kerugian material berupa freezer mayat yang hangus terbakar, ditaksir mencapai Rp 450 juta.

"Kemungkinan api berasal dari tumpukan sampah dan daun kering bambu yang ada di belakang ruangan jenazah RSUD. Kasus kebakaran tersebut ditangani oleh Polres Salatiga guna penyelidikan lebih lanjut," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,