Polda Jabar Tangkap Penjual Barang Kosmetik Kadaluarsa

Polda Jabar Tangkap Penjual Barang Kosmetik Kadaluarsa

Polda Jabar ungkap penangkapan penjual barang kosmetik kadaluarsa. (foto - Humas Polda Jabar)

Bandung - Jajaran Polda Jabar menangkap P alias H, penjual barang kadaluarsa di Kampung Depok Desa Manggungharja Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, pada Selasa, 2 September 2019 lalu.

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian dalam rilisnya, Senin 9/9/2019) menyebutkan, dalam satu hari tersangka dapat mengganti tanggal kadaluarsa pada label kemasan kosmetik dan alat rumah tangga sekitar 1.000 sampai 2.000 pcs.

Dalam memperdagangkan kosmetik dan alat rumah tangga yang sudah diganti tanggal kadaluarsanya tersebut, tersangka berhasil meraup keuntungan rata-rata sebesar Rp 5 sampai 10 juta per minggu.

Dalam menjalankan bisnisnya, tersangka mempekerjakan empat orang karyawan. Produk yang sudah diganti tanggal kadaluarsanya tersebut dijual secara borongan antara lain ke Surabaya, Medan dan Bandung.

Selain itu, tersangka juga menjual produk tersebut secara eceran di ruko, yang berada di kawasan Jalan Raya Pacet Ciparay Kabupaten Bandung.

Dari tangan tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti, berupa 100.000 pcs produk kosmetik dan alat kebutuhan rumah tangga yang sudah diganti tanggal kadaluarsanya dengan berbagai merek dan jenis.

Atas perbuatannya, tersangka dikenai Pasal 62 ayat (1) Jo. Pasal 8 ayat (1) huruf d dan/atau huruf e dan/atau huruf f dan/atau huruf g UU RI No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dengan ancaman maksimal pidana lima tahun penjara. (Jr.)**

.

Tags:,