Topan Lingling Hantam Korut Menewaskan Lima Orang

Topan Lingling Hantam Korut Menewaskan Lima Orang

Sejumlah gedung, rumah dan fasilitas umum di Korut hancur diterjang Topan Lingling. (foto - Associates Press)

Pyongyang - Sedikitnya lima orang tewas dan tiga orang lainnya terluka akibat terjangan Topan Lingling yang menghantam wilayah Korea Utara. Tak hanya itu, sekitar 460 rumah penduduk pun mengalami kerusakan.
 
Lingling, salah satu topan paling kuat telah menghantam Korea Selatan bergerak ke Korea Utara, menimbulkan kekhawatiran akan merusak tanaman di negara miskin itu yang beberapa kali mengalami kekurangan pangan.
 
"Banjir pun merendam atau mengubur tanaman di lahan pertanian seluas 46.200 hektar," lapor dilaporkan  kantor berita Korut (KCNA) melalui Reuters, Senin (9/9/2019). "Operasi bantuan sedang dilakukan di  sejumlah kawasan terpapar untuk mengatasi berbagai masalah diakibatkan topan".
 
Pemimpin Korut Kim Jong-un langsung memarahi sejumlah pejabat senior karena "tidak berdaya menghadapi topan serta tidak menyadari tingkat keseriusannya serta kurang peka”.
 
Di Korea Selatan, topan tersebut menewaskan tiga orang dan melukai 27 orang lainnya. Sebanyak 160.000 rumah mengalami pemadaman listrik dan ratusan penerbangan dibatalkan akibat musibah ini.
 
Pasokan listrik pun saat ini sudah dipulihkan ke sebagian besar rumah yang terkena dampak terjangan topan tersebut. (Jr.)**
 
.

Categories:Internasional,
Tags:anak-anak,