Tips Lulus Perguruan Tinggi Negeri Bersama Edulab

Tips Lulus Perguruan Tinggi Negeri Bersama Edulab

Tips Lulus Perguruan Tinggi Negeri Bersama Edulab. (foto - edulab)

PERGURUAN Tinggi Negeri atau sering disebut sebagai PTN, sangat banyak diminati oleh para lulusan SMA maupun SMK. Selain biayanya relatif lebih murah dibandingkan perguruan tinggi swasta, perguruan tinggi negeri juga memiliki sistem pendidikan dan reputasi yang baik dari tahun ke tahun. Berikut beberapa tips agar lulus ke Perguruan Tinggi Negeri.

1. Melatih kemampuan diri
Sudah mengetahui jurusan apa yang ingin dipilih, lalu kamu harus melakukan langkah selanjutnya, yakni melatih kemampuan diri demi peluang yang lebih besar untuk lulus ke Perguruan Tinggi Negeri favorit.

Melatih kemampuan diri sangat banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya, bisa mengikuti bimbingan belajar (bimbel) yang memang sudah dirancang khusus untuk menargetkan universitas tertentu. Seperti memilih Edulab sebagai bimbingan belajar yang berstandar konsultan pendidikan.

Selain mengikuti bimbel, kamu juga bisa memilih program untuk les private di Edulab yang dibimbing oleh pengajar/educator dari alumni yang sudah berhasil memasuki jurusan di PTN favorit yang diinginkan.

2. Semangat mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN
Kalau kamu ingin lulus Perguruan Tinggi Negeri favorit, tentu saja harus mengikuti serangkaian tes yang dilalui dengan sangat semangat dan memiliki niat yang tinggi. Saat ini terdapat 3 jalur seleksi yang tersedia untuk masuk ke PTN, yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN dan jalur mandiri.

a. Jalur SNMPTN merupakan seleksi dengan menggunakan nilai laporan akademik (rapor) dari semester 1-5. Jika seorang siswa SMA masuk peringkat 5 besar di kelasnya dan nilainya terus meningkat setiap semesternya, maka kemungkinan kamu akan lulus di jalur ini. Selain itu, jalur SNMPTN dikenal sebagai jalur tanpa tes dan murni hanya nilai rapor akademik yang dijadikan bahan untuk seleksi.

b. Jalur SBMPTN merupakan seleksi dengan tes tertulis. Tes ini diadakan serentak sebelum dimulai tahun ajaran baru. Biasanya materi tes SBMPTN terdapat dua macam, yaitu TPA (Tes Potensi Akademik) dan pilihan IPA/IPS/IPC. Mulai tahun 2019, sistem ujian di SBMPTN diberikan nama menjadi tes UTBK, yang diselenggarakan langsung oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Tes UTBK tersebut memberikan dua kali kesempatan tes untuk para siswa yang mengikuti ujian. Pada tahun 2019 pun ada peraturan baru bahwa harus mengikuti tes UTBK terlebih dahulu dan mengetahui hasil nilai dari tes tersebut. Setelah itu bisa memilih jurusan dan PTN mana yang akan kamu pilih untuk daftar.

c. Terakhir, jalur mandiri yang dibuka universitas biasanya setelah tes SBMPTN. Namun, ada juga beberapa PTN yang sudah membuka pendaftaran jalur mandiri bersamaan dengan jalur SBMPTN.

Jalur itu pun berbentuk tes dengan tingkat kesulitan yang mirip dengan SBMPTN. Namun, pada tahun 2019 yang sudah mengeluarkan peraturan baru, di beberapa kampus yang membuka jalur mandiri memiliki syarat yaitu harus menyertakan nilai hasil tes UTBK.

3. Jangan menyerah ketika gagal
Dengan persaingan yang begitu ketat dan waktu persiapan yang sangat singkat, tentunya banyak orang yang tersisihkan saat pertama kali mencoba untuk lulus ke PTN yang dicita-citakan. Namun ketika gagal, jangan menyerah sampai disini. Mengapa? Karena banyak orang yang juga gagal masuk ke PTN di tahun tersebut.

Dari hal tersebut, kamu bisa mencoba untuk mengambil Gap Year atau jeda satu tahun untuk belajar lagi dan mempersiapkan diri, sehingga mendapatkan hasil tes yang lebih baik di tahun berikutnya. Mengikuti program Gap Year, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar (bimbel) di Edulab, yang membuka Program Belajar untuk para alumni yang memilih untuk Gap Year.

Keputusan memilih program Gap Year juga harus diperhatikan, saingan kamu bukan hanya siswa-siswa seangkatan saja, tetapi juga orang-orang yang sudah mempersiapkan dirinya dengan sungguh-sungguh selama satu tahun.

Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti Program Gap Year di Edulab, karena Edulab sebagai bimbingan belajar berstandar konsultan pendidikan yang bisa membantu kamu untuk bersaing dengan peserta Gap Year maupun siswa-siswi SBMPTN lainnya. (Syifa Wardani Putri)**

.

Categories:PenaCikal,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait