Tolak Revisi UU KPK, BEM UI & Trisakti Nyalakan Lilin 'SOS'

Tolak Revisi UU KPK, BEM UI & Trisakti Nyalakan Lilin 'SOS'

BEM UNI dan Trisakti nyalakan lilin di depan gedung KPK sebagai bentuk penolakan terhadap revisi UU KPK. (foto - ist)

Jakarta  -  Sebagai  bentuk  penolakan  terhadap  revisi  UU  KPK, puluhan  mahasiswa  dari  Universitas  Indonesia  serta Universitas Trisakti menggelar aksi nyalakan lilin di depan gedung KPK, Rabu (11/9/2019) tengah malam.

"Kami melihat adanya permasalahan revisi UU KPK dan adanya revisi UU KPK, kami hadir untuk bisa bermalam dan menandakan tanda bahaya, bahwa Indonesia sedang dalam bahaya karena revisi UU KPK," kata Ketua BEM UI Manik di depan gedung KPK Jalan Kuningan Persada Jaksel.

Aksi menyalakan lilin tersebut dimulai sekitar pukul 23.00 WIB. Para mahasiswa tersebut menyalakan puluhan lilin dengan membentuk tulisan "SOS".

Dalam aksinya, mereka juga menyampaikan tuntutan terkait proses seleksi capim KPK, dan mencabut revisi Undang-Undang KPK. BEM UI berharap Presiden Jokowi dan DPR mengambil sikap tegas terkait masalah itu.

"Kami menuntut presiden dan DPR RI berperan aktif dalam menunjuk nama-nama calon pimpinan KPK yang kompeten dan berintegritas, serta terhindar dari rekam jejak buruk bersama koruptor," sebutnya.

"Selain itu, kami menuntut presiden dan DPR RI untuk segera mencabut revisi UU KPK yang pro-koruptor, serta melemahkan upaya pemberantasan korupsi," tegasnya.

Menurut rencana, malam ini puluhan mahasiswa itu akan bermalam di gedung KPK. Aksi mereka akan dilanjutkan beberapa hari ke depan hingga permasalahan capim dan RUU KPK tuntas. "Kami akan bermalam. Aksi itu sampai tuntutan kami terwujud," tegas Manik. (Jr.)**

.

Categories:Politik,
Tags:,