Senin Ini Proyek Migas Rp 13,6 Triliun Diresmikan

Senin Ini Proyek Migas Rp 13,6 Triliun Diresmikan

Jakarta – Dua proyek migas pengembangan Lapangan Gas Ruby, Blok Sebuku yang dikelola oleh Mubadala Petroleum dan proyek Sisi Nubi 2B, Blok Mahakam yang dikelola Total E&P Indonesia di Balikpapan, Kalimantan Timur diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Senin (15/09/14).

Kedua proyek itu merupakan bagian dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I). "Total investasi keduanya mencapai Rp 13,6 triliun," kata Pelaksana Tugas Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) J. Widjonarko, dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (14/09/14).

Untuk proyek Ruby menelan biaya Rp 5,5 triliun, sedangkan proyek Sisi Nubi 2B membutuhkan dana sebesar Rp 8,1 triliun. Proyek itu menunjukkan kerja keras pelaku industri migas yang terus komitmen untuk mencari cadangan migas baru di Indonesia.

Lapangan Ruby rencananya akan berproduksi sebesar 85 billion british thermal unit per hari (bBtud). Seluruh produksi dipasok ke pembeli domestik, yakni Pupuk Kalimantan Timur (PKT) untuk mendukung program ketahanan pangan di Indonesia. "Ini menunjukkan komitmen nyata pemerintah untuk memprioritaskan kebutuhan domestik dan memberdayakan industri pupuk nasional," kata Widjonarko.

Sementara itu, untuk proyek pengembangan Sisi Nubi 2B di lepas pantai Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menambah 35 sumur baru. Hardy Pramono, President & GM Total E&P Indonesia, mengatakan, pengerjaan proyek Sisi Nubi 2B melibatkan 1.200 orang dan 42 kapal berbagi jenis. (Jr.)** .

Categories:Ekonomi,
Tags:,