Wakil Ketua Saut Situmorang Mundur dari KPK

Wakil Ketua Saut Situmorang Mundur dari KPK

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (foto - ist)

Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 Saut Situmorang mundur dari jabatannya. Hal itu tak lama setelah keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, menetapkan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK periode 2019-2023.

Menanggapi mundurnya Saut, Presiden Jokowi menilai keputusan tersebut merupakan hak pribadi dari perorangan. Namun, Kepala Negara tidak memberikan banyak komentar terkait hal ini.

"Itu hak setiap orang. Untuk mundur atau tidak mundur adalah hak pribadi seseorang," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Saut memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya terhitung mulai 16 September 2019.  "Saudara saudara yang terkasih, dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua. Izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai pimpinan KPK, terhitung mulai Senin 16 September 2019 (masih ada dua kegiatan lagi di Yogyakarta Sabtu-Minggu 14/15 September 2019, Jelajah Dongeng Anti Korupsi)," demikian Saut dalam suratnya.

Sebelumnya, kabar terkait mundurnya Saut Situmorang disampaikan oleh Penasihat KPK Tsani Annafari di Jakarta. Namun demikian, Tsani mengaku masih meminta Saut untuk tetap bertahan. 
 
Paling tidak hingga masa jabatan pimpinan KPK periode 2015-2019 berakhir pada Desember 2019. "Tapi masih kita tunda sampai Desember," kata Tsani. (Jr.)**
 
.

Categories:Nasional,
Tags:,