UMK Ditangguhkan Buruh Akan Gugat ke PTUN

UMK Ditangguhkan Buruh Akan Gugat ke PTUN

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Hening Widiatmoko (Foto : Cikalnews/ADE)

Bandung - PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) diprediksi akan mengalami banjir gugatan karena penetapan UMK 2015 diperkirakan akan mendapat penangguhan dari para pengusaha. Akibat hal tersebut organisasi buruh akan mengajukan gugatan ke PTUN agar penetapan UMK bisa sesuai dengan keputusan resmi Gubernur.
 
Menurut penjelasan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, penangguhan UMK 2015 oleh beberapa pengusaha bisa menyebabkan gejolak dikalangan buruh. Setiap tahun perihal masalah gugatan UMK sering terjadi di PTUN.
 
"Tahun lalu saja masalah gugatan seperti ini ada sekitar 10 kasus. Untuk tahun ini diprediksi gugutan buruh ke PTUN juga akan banjir," jelas Widiatmoko di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (1/12/2014).
 
Hening Widiatmoko menambahkan, batas waktu penangguhan paling telat 21 Desember 2014.
 
"Penetapan UMK 2015 yang sudah ditandatangani Gubernur Ahmad Heryawan bisa saja direvisi sesuai hasil rapat dewan pengupahan, pengusaha, pemerintah daerah," tambahnya.
 
Diprediksi untuk UMK 2015 di Provinsi Jawa Barat akan ada penangguhan dari 4 Kota/Kabupaten karena ada pengusaha yang merasa belum sanggup jika membayar upah sesuai kebijakan UMK 2015 dari Pemerintah Jawa Barat.
 
Semua penangguhan dari para pengusaha perihal UMK bisa disampaikan dengan melengkapi berbagai persyaratan untuk dibahas dalam rapat antara pengusaha dan dewan pengupahan.(Ode)**  
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,