Ricuh Warnai Demo di KPK Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Ricuh Warnai Demo di KPK Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Masa pendemo lempar batu dan botol ke arah gedung KPK dan bakar tumpukan karangan bunga. (foto - ist)

Jakarta  -  Kerusuhan   pecah  ketika   sejumlah  massa  menggelar  demo  yang   memaksa   pencopotan  kain  hitam  di  gedung KPK Jalan Kuningan persada Jaksel. Untuk menertibkan situasi, polisi pun terpaksa menembakkan gas air mata, Jumat (13/9/2019).

Tampak massa melempar batu ke arah gedung KPK selain melempar bambu serta botol. Polisi terpaksa menembakkan gas air mata, sehingga massa pendemo mundur ke jalan. Sejumlah pengendara yang melintas pun memilih untuk putar balik.

Massa yang demo tersebut mengatasnamakan Himpunan Aktivis Indonesia dan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan NKRI. Massa juga menyinggung soal revisi UU KPK.

Mereka menyebutkan, revisi UU tersebut untuk memperkuat KPK sekaligus memberi ucapan selamat atas terpilihnya Firli Bahuri sebagai Ketua KPK yang baru.

Mereka mencopot kain hitam yang menutupi logo Komisi Pemberantasan Korupsi di gedung KPK. Karangan bunga di halaman KPK pun mereka copot.

Massa pun membakar karangan bunga yang ditumpuk kemudian dibakar di depan gedung KPK. Karangan bunga yang dibakar itu merupakan ungkapan dukacita 'atas meninggalnya KPK' sebagai bentuk protes revisi UU KPK.

Kain hitam dan karangan bunga tersebut sebelumnya menjadi simbol dari pegawai KPK dan aktivis antikorupsi, terkait revisi UU KPK dan proses seleksi capim KPK yang dianggap bermasalah. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,