Melahirkan di Luar Nikah Janda Muda di Tasik Kubur Bayinya

Melahirkan di Luar Nikah Janda Muda di Tasik Kubur Bayinya

DN (27) tersangka yang mengubur bayinya di Kampung Plang Cipedes Tasikmalaya. (foto - ist)

Tasikmalaya - Jajaran Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota menetapkan tersangka terhadap DN (27), seorang janda muda yang mengubur bayinya di pekarangan rumah.
 
Diketahui, DN adalah ibu sekaligus pelaku penguburan bayi di pekarangan yang menggegerkan warga Kampung Plang Kelurahan Sukamanah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, pada Sabtu 7 September malam.
 
Menurut Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Dadang Sudiantoro, berdasarkan hasil interogasi DN mengakui telah melahirkan secara paksa dan mengubur janin yang diperkirakan berusia 7 bulan tersebut.
 
"Untuk memastikan kami lakukan pemeriksaan medis terhadap DN, dan keterangan dokter kandungan memang baru melahirkan. Kami dalami dan kumpulkan saksi lalu kami tetapkan DN sebagai tersangka," kata Dadang, Jumat (13/9/2019).
 
Sejumlah bukti juga diperkuat dengan hasil otopsi terhadap janin bayi yang dikubur DN. "Berdasarkan hasil otopsi bayi, tersebut secara paksa dilahirkan dengan cara diurut sendiri oleh DN," katanya.
 
Dari pengakuan tersangka kanjut Dadang, perbuatan yang ia lakukan karena bayi yang dikandung merupakan hubungan di luar nikah. Akibat perbuatannya, DN dikenakan Pasal 77 huruf a Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak, dengan ancaman penjara 10 tahun.
 
Ia menambahkan, pihaknya juga tengah mendalami kemungkinan adanya tersangka lain dalam kasus itu. "Masih kami dalami apakah ada pihak yang membantu atau mengintervensi pelaku," tegas Dadang.
 
Seperti diketahui, penemuan janin bayi perempuan yang dikubur di pekarangan menggegerkan warga Kampung Plang Kelurahan Sukamanah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Penemuan janin bayi malang itu bermula dari kecurigaan warga terhadap DN,  yang mengaku tengah mengubur bangkai kucing.
 
Ketua RT Kampung Plang Apip Sutisna mengatakan, karena sejumlah warga merasa curiga lalu warga pun membongkar kuburan yang dikatakan DN sebagai kuburan bangkai kucing. "Saat digali kembali ternyata bukan kucing, tapi bayi," kata Apip.
 
Menurut Apip, DN merupakan ibu rumah tangga yang selama ini sudah tidak tinggal dengan suaminya. "Sudah lama tidak tinggal dengan suaminya, tapi memang statusnya belum resmi bercerai," katanya. (Jr.)**
.

Tags:,