Kebakaran di G. Merbabu Hanguskan Ratusan Hektar Lahan

Kebakaran di G. Merbabu Hanguskan Ratusan Hektar Lahan

Kebakaran lahan hutan di Gunung Merbabu Jateng meluas. (foto - ist)

Magelang - Kebakaran  yang  melanda  lahan  hutan  di  Gunung  Merbabu  Jateng  terus  meluas  hingga  ratusan hektar. Selain wilayah Kabupaten Magelang dan Semarang, kobaran api juga meluas ke wilayah Boyolali. Titik api pertama kali muncul di Dukuh Kendakan Desa Kenalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

Berdasarkan keterangan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Jateng Junita Parjanti menyatakan, hingga saat ini sedikitnya 150 hektar lahan yang terbakar. Kobaran api dari Magelang terus membesar mengarah ke puncak, masuk wilayah Desa Ngagrong Kecamatan Ampel Boyolali.

"Kami mendeteksi pertama kali titik api berawal dari sisi barat Gunung Merbabu. Namun sekarang ini sudah meluas dan menjalar hingga ke kawasan puncak gunung tersebut," kata Junita, Jumat (13/9/2019).

Junita menyatakan, sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Boyolali, Magelang dan Semarang untuk melakukan pemadaman. Koordinasi juga dilakukan dengan relawan dan masyarakat sekitar, bahkan ratusan relawan sudah bergerak ke atas untuk membantu pemadaman.

Namun demikian, sulitnya medan dan kencangnya tiupan angin menjadi kendala tersendiri proses pemadaman. Sejauh ini, pemadaman dilakukan secara manual dan dengan pembuatan sekat bakar.

Berdasarkan data BTNGMb, titik api mulai muncul sejak Rabu 11 September malam. Sedikitnya ada 7 titik api besar dengan posisinya menyebar. Diperkirakan, api mulai menjalar ke semua sisi gunung karena kencangnya tiupan angin. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,