5 Wanita Malam yang Terjaring Satpol PP Situbondo Positif HIV

5 Wanita Malam yang Terjaring Satpol PP Situbondo Positif HIV

Satpol PP Situbondo amankan 9 perempuan diduga PSK dari eks lokalisasi Bandengan. (Foto - ist)

Situbondo - Sembilan perempuan diduga PSK yang diamankan dari eks lokalisasi Bandengan dan warung remang-remang, diketahui lima orang di antaranya positif terjangkit HIV.

Sebelum direhabilitasi di Liposos Jatim, mereka menjalani tes kesehatan di kantor Satpol PP Situbondo. Tes kesehatan dilakukan dengan pengambilan sampel darah oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Situbondo.

Hasilnya cukup mengagetkan. Dari sembilan perempuan yang diamankan, lima orang di antaranya dinyatakan positif terjangkit HIV. Namun demikian, tidak dijelaskan secara detail mengenai mereka yang positif HIV.

"Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan medis dari Dinas Kesehatan Situbondo, ada lima yang positif dan empat negatif. Hasilnya baru saja saya terima," kata penyidik PNS Satpol PP Situbondo Sutikno, Rabu (18/9/2019).

Menurutnya, hasil pemeriksaan itu akan jadi rekomendasi saat perempuan itu dikirim ke Liposos di Jatim. Hasil tes kesehatan akan menjadi dasar pihak Liposos untuk memberikan penanganan dan perhatian khusus, baik melalui konseling, pengobatan maupun penanganan bentuk lainnya.

"Mereka akan langsung kami kirim ke Liposos di jatim untuk dilakukan rehabilitasi. Ini hanya tinggal menunggu surat dari Dinas Sosial Situbondo," katanya.

Seperti diketahui, sembilan perempuan diduga PSK terjaring razia yang digelar Satpol PP Situbondo. Mereka diamankan dari sebuah eks lokalisasi dan deretan warung remang-remang di Situbondo. Usai diamankan, mereka digiring ke kantor Satpol PP di Jalan A Yani.

Selama di kantor Satpol PP, mereka didata dan diberi pembinaan. Dari sembilan wanita yang diamankan, hanya satu orang yang merupakan warga Situbondo, sedangkan delapan perempuan lainnya berasal dari luar kota, mulai dari Bondowoso, Lumajang, Jombang hingga Jember. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,