Kebakaran di Ranupani Gunung Semeru Berpusat di Kalimati

Kebakaran di Ranupani Gunung Semeru Berpusat di Kalimati

Sempart mati, api kembali menghanguskan kawasan RPTN Ranupani Gunung Semeru. (foto - Instagram)

Lumajang - Kebakaran lahan dan hutan melanda Resor Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Ranupani yang berada di kawasan Gunung Semeru Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Kebakaran sudah terjadi sejak Selasa 17 September 2019 yang terjadi di tiga blok, yang merupakan jalur pendakian Gunung Semeru. Yakni Blok Kelik, Arcopodo dan Sumber Mani.

Kepala Resor Ranupani, Susion mengatakan, kebakaran itu juga menghambat para pendaki untuk sampai ke puncak Mahameru. "Pendakian sudah disterilkan mulai tanggal 17 pagi, jadi Kalimati steril. Semua pendaki diberikan batas aman sampai Ranukumbolo," katanya, Jumat (20/9/2019).

Menurutnya, pada Rabu malam kebakaran telah berhasil dipadamkan oleh petugas. Namun pada Kamis 19 September 2019 sekitar pukul 07.00 WIB, kebakaran kembali terjadi di Kalimati.

"Mungkin loncatan api dari yang kemarin, tapi saat ini petugas sudah dikerahkan untuk memantau dari Jambangan," tegas Susion. Untuk pendakian ke arah Kalimati, pendaki tidak bisa mendirikan camping ground atau tenda, karena masih steril sejak Selasa

Ia mengatakan, para petugas pemadam terus berupaya untuk memadamkan api dengan menggunakan gepyok dan jetshooter. Namun, karena medan yang cukup sulit, berbukit dan terjal sehingga petugas dan tim tetap mengutamakan keselamatan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,