Dinsos Bandung Tertibkan PMKS Setiap Hari

Dinsos Bandung Tertibkan PMKS Setiap Hari

Dua orang PMKS Kota Bandung sedang menunggu belas kasihan, d isalah satu sudut di Kota Bandung, Senin (1/12/11/2014).

Bandung - Dinas Sosial Kota Bandung harus bekerja keras dalam menangani masalah kesejaahteraan sosial terutama terkait PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial), melihat Kota Bandung saat ini mulai berdatangan para PMKS yang berasal dari luar daerah Kota Bandung

Adapun klasifikasi PMKS tersebut yaitu anak jalanan, Gepeng, pengamen dan termasuk PSK dan Waria. Dari data yang dihimpun oleh CikalNews.com selama tahun 2012, ada sekitar 110 ribu jiwa PMKS yang kemungkinan terus mengalami pertumbuhan hingga tahun 2014 ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dodi Ridwansyah, Kadinsos Kota Bandung di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (1/12/2014). Dirinya menuturkan penertiban mengenai PMKS ini akan dilakukan setiap hari,dengan sistem Floating dan Mobile yang akan dilakukan oleh tim Dinas Sosial Kota Bandung.

"Tim akan kerja setiap hari, jam operasionalnya saya tidak bisa kasih tahu. Akan ada floating sesuai penempatan dan rapat koordinasi yang sudah dilakukan, kalau mobile dari kitanya," ujarnya.

Selanjutnya, Dodi memaparkan setelah dijaring, para Penyandang Asalah Kesejahteraan Sosial tersebut akan diberikan bimbingan berupa pelatihan keahlian, sesuai potensi yang dimiliki oleh PMKS itu sendiri.

"Kami akan memberikan bimbingan keahlian bagi mereka yang terjaring, dalam kegiatan operasi yang telah dilakukan pihak kami bekerjasama dengan pihak militer, kepolisian dan Satpol PP Kota Bandung," jelasnya.

Terkait sangsi atau denda yang akan diberikan kepada para PMKS yang kembali ke jalan setelah selesai dibina, dirinya mengatakan belum memikirkan hal tersebut karena akan berhubungan dengan Perda.

"Bagi PMKS yang kembali ke jalan setelah di bimbing, kami belum memikirkannya masih kami pantau, sementara Dinas Sosial Kota Bandung masih mengupayakan program program yang ada," pungkasnya.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,