Tol Bandung-Cilacap Digarap Dua tahap Telan Rp 120 Triliun

Tol Bandung-Cilacap Digarap Dua tahap Telan Rp 120 Triliun

Rapat rencana proyek Tol Bandung - Cilacap Pemprov Jabar dengan Kementerian PUPR di Gedung Sate Kota Bandung Rabu 25 September 2019. (foto - humas)

Bandung  -  PT  Jasa  Marga  (Persero)   Tbk  bakal   mengelola  proyek  pembangunan   ruas  Tol  Bandung - Cilacap  yang rencananya dikerjakan dalam dua tahap pengerjaan. Pembangunan Tol Bandung - Cilacap sejauh 210 kilometer itu, diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp 120 triliun.

Pada pembangunan tahap I, yakni mulai dari Gedebage - Kabupaten Bandung - Garut - Tasikmalaya. Sedangkan untuk pengerjaan tahap II, meliputi Tasikmalaya - Banjar - Pangandaran - Cilacap.

"Rapat hari ini memastikan trase tak boleh berubah-ubah. Sebab penlok (penetapan lokasi) ada pada saya," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai rapat dengan Kementerian PUPR di Gedung Sate Kota Bandung, Rabu (25/9/2019).

Menurut Emil, konsorsium pembangunan Tol Bandung - Ciamis dipegang oleh PT Jasa Marga. Pembangunannya akan dilakukan dengan pola kerja sama, khususnya antara pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Untuk tahap pertama biayanya Rp 60 triliun termasuk untuk pembebasan lahan, karena biayanya relatif sama mahalnya dengan biaya konstruksi. Sedangkan untuk tahap kedua juga biayanya hampir sama," katanya.

Ia mengatakan, rencananya pintu keluar tahap I Tol Bandung - Cilacap berada di empat lokasi. Antara lain di Kabupaten Bandung, Garut dua lokasi dan terakhir di Tasikmalaya. "Banyak pintu keluar di Kabupaten Bandung ada satu, Garut dua, Tasikmalaya satu, jadi untuk tahap I ada 4 pintu keluar," tegas Emil.

Menurut rencana, ruas Tol Bandung - Tasikmalaya berjarak sejauh 90 kilometer, sedangkan pembangunan untuk tahap dua Tasikmalaya - Cilacap panjangnya mencapai 120 kilometer. (Jr.)**

Rencana ruas Tol Bandung - Tasikmalaya yang bakal diteruskan hingga Cilacap. 

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,