Meghan dan Pangeran Harry Kunjungi Masjid tertua di Afsel

Meghan dan Pangeran Harry Kunjungi Masjid tertua di Afsel

Meghan Markle berkerudung bersama Pangeran Harry kunjungi Auwal, masjid tertua di Afrika Selatan. (foto - AFP)

Cape Town - Pasangan  Duke  and  Duchess  of  Sussex,   Pangeran  Harry  dan  Meghan  Markle  tengah  berada  di  Afrika  Selatan. Mereka menjalani sederet agenda "royal tour" sebagai anggota keluarga kerajaan Inggris.

Dari sejumlah agenda Pangeran Harry dan Meghan Markle selama di Afrika Selatan, pada hari kedua mereka menyempatkan diri mengunjungi masjid tertua di Cape Town Afrika Selatan, yakni Masjid Auwal. Masjid itu merupakan yang tertua di Afrika Selatan dan menyimpan banyak sejarah.

Dilansir Stuff, Rabu (25/9/2019) Pangeran Harry dan Meghan Markle sempat melihat manuskrip atau naskah pertama kitab suci Al-Quran di Afrika Selatan. Pihak berwenang mengatakan, manuskrip Al-Quran pertama itu ditulis dari memori seorang imam saat dipenjara di Pulau Robben.

Ditulis sang imam, selama periode itu sebagai budak tidak diizinkan untuk memeluk agama Islam. Meghan Markle dan Pangeran Harry pun ikut serta dalam acara pertemuan dengan sejumlah tokoh pemimpin agama. Masjid Auwal memang menjadi tuan rumah dialog antar-agama di kota yang terkenal beragam itu.

Diketahui, Masjid Auwal berdiri sebagai salah satu simbol kebebasan para mantan budak untuk beribadah. Selain itu, Masjid Auwal pun menjadi wadah bagi komunitas dari berbagai keyakinan agama yang ada di Afrika Selatan, untuk bisa bersahabat dan mengerti satu sama lain.

"Sebagai bagian dari kunjungan mereka, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengunjungi Masjid Auwal, masjid pertama dan tertua di Afrika Selatan. Berdiri sebagai simbol kebebasan para mantan budak untuk beribadah.

Masjid itu mengadakan acara dengan para pemimpin muda Muslim, Kristen dan Yahudi serta mendorong persahabatan dan pengertian antara berbagai komunitas Afrika Selatan.

Selama 10 hari menjalani royal tour di Afrika Selatan, Pangeran Harry dan Meghan Markle juga mengunjungi sejumlah daerah lainnya. Mulai dari Botswana, Angola dan Malawi dengan fokus pada isu perlindungan satwa liar, kesehatan mental dan pembersihan tambang. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,