Haryadi Sukamdani Ketua Apindo

Haryadi Sukamdani Ketua Apindo

Haryadi Sukamdani Ketua Apindo

Jakarta - Hariyadi Sukamdani resmi menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), setelah Sofyan Wanandi ditunjuk menjadi tim ahli ekonomi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Suatu kehormatan bagi saya diberikan amanah oleh seluruh anggota Apindo, dan menyetujui langkah Sofyan Wanandi untuk melakukan perubahan pengurusan dengan memberikan tongkat estafet ketua umum kepada saya," kata Hariyadi, saat memberikan sambutan pada acara CEO Gathering Apindo, di Jakarta, Senin malam (1/12/2014).

Hariyadi mengatakan, tugas ke depan untuk Apindo kedepan bisa dikatakan sangat berat karena begitu banyak distorsi yang terjadi di bidang ketenagakerjaan.

"Hari-hari ke depan akan menjadi hari yang cukup padat bagi saya dan para menteri dan pejabat terkait, karena tanpa kerja sama antara saya dengan pemerintah akan sulit untuk mencapai keberhasilan bersama," kata Hariyadi.

Hariyadi menambahkan, pihaknya sudah membulatkan tekad untuk mensukseskan program pemerintah dalam hal memajukan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hariyadi merupakan Wakil Ketua Dewan Pengupahan Nasional yang juga Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang moneter, fiskal, dan kebijakan publik. Dan dengan terpilihnya Hariyadi, diharapkan sinergi dua kekuatan antara Apindo dengan Kadin Indonesia mampu menciptakan iklim investasi yang produktif.

Sementara itu, mantan Ketua Umum Apindo, yang sudah ditunjuk menjadi ketua tim ahli ekonomi Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengatakan bahwa dirinya menyerahkan tongkat estafet kepada Hariyadi sebagai Ketua Umum Apindo yang baru.

"Saya harus meninggalkan Apindo, karena ada tiga pimpinan yang harus berada di pemerintahan. Setelah sebelumnya Franky Sibarani menjabat sebagai Ketua BKPM, dan Rachmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan," kata Sofyan.

Sofyan mengatakan, dirinya diminta oleh Wakil Presiden Jusuf kala untuk menjabat sebagai ketua tim ahli ekonomi dalam pemerintahan Kabinet Kerja, dimana para pengusaha diharapkan mampu bekerja sama dengan pemerintah untuk keberhasilan bersama.

"Karena jika pemerintah berhasil, maka pengusaha juga akan berhasil. Namun jika pemerintah gagal, akan sama saja, kita akan sulit juga," ujar Sofyan. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,