Dandani Situ Ciburuy, Pemprov Jabar Kucurkan Rp 24 Miliar

Dandani Situ Ciburuy, Pemprov Jabar Kucurkan Rp 24 Miliar

Pemprov Jabar kucurkan dana Rp 24 miliar untuk menata kawasan Situ Ciburuy di KBB. (foto - ist)

Bandung - Pemprov  Jabar  mengalokasikan  anggaran  Rp  24  miliar  pada  tahun  anggaran  2020,  untuk  penataan  Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat. Situ tersebut masuk dalam penataan empat tujuan wisata air di Jabar.

"Tahun 2019 kami akan membangun di luar badan air atau membangun di luar sempadan situ. Landscapenya akan kita tata taman di bagian depan sehingga dari jalan raya akan tampak berubah," kata Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Pemprov Jabar Linda Al Amin di Bandung, Rabu (2/10/2019).

Linda menjelaskan, kondisi Situ Ciburuy merupakan kawasan wisata yang terhitung sudah eksis namun belum tertata dengan baik. Tahun 2020 akan dilanjutkan penataan di atas badan air.

Antara lain pembangunan plaza terapung, jembatan, plaza alun-alun dengan total anggaran Rp 24 miliar. "Ke depan pemeliharaannya akan ada kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi dan Pemkab Bandung Barat. Situ ini dikelola BBWS, jadi kita akan jalin kesepakatan kerja sama," katanya.

Sebelumnya, pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Pemprov Jabar menyatakan proses groundbreaking penataan empat tujuan wisata air di Jabar akan dilakukan pada tanggal 25 September 2019, secara simbolis groundbreaking akan dilakukan di Sempadan Kalimalang Kota Bandung.

"Penataan Empat Destinasi Wisata Air Juara tersebut, yakni Situ Rawakalong Depok, Situ Ciburuy Kabupaten Bandung Barat, Waduk Darma Kuningan serta Kalimalang Bekasi," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Wisata,
Tags:,