Diringkus, Komplotan Perampok Spesialis Minimarket di Banten

Diringkus, Komplotan Perampok Spesialis Minimarket di Banten

Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Banten menangkap komplotan perampok spesialis minimarket dan penadah barang kejahatan. (foto - ist)

Serang - Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Banten menangkap komplotan perampok spesialis minimarket dan penadah barang kejahatan. Para pelaku sudah 40 kali beraksi di wilayah Banten, Bekasi dan Jakarta.

Tersangka tujuh orang, yakni TR (28) warga Jakarta Timur, DY (25) warga Kabupaten Pandeglang, RW (29) warga Jakarta Timur, UH (40) warga Jakarta Utara, AH (29) warga Jakarta Timur, Am (22) warga Jakarta Utara dan penadah MS (50) warga Jakarta Timur. Dua pelaku ditembak lantaran melawan saat ditangkap.

Kasubdit Jatanras Dirkrimum AKBP Asep Sukandarusman mengatakan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari tertangkapnya tiga pelaku yang sedang beraksi di warung sembako wilayah Warunggunung Lebak.

"Ketiga pelaku yang kita tangkap, yaitu TR, DR dan RW. Berdasarkan hasil interogasi, mereka merupakan jaringan yang biasa melakukan aksinya di Banten, dengan sasaran utama minimarket dan warung grosir," kata Asep di Mapolda Banten, Kamis (3/10/2019).

Menurutnya, dari ketiga pelaku tersebut kepolisian membongkar jaringan lainnya. Kemudian dilakukan pengembangan dan berhasil menangkap empat pelaku, dua di antaranya merupakan penadah barang kejahatan.

Modus yang dilakukan, yakni para pelaku merusak kunci gembok minimarket dengan menggunakan gunting pemotong besi dan kunci leter L dan T yang sudah dimodifikasi.

"Mereka melakukan pencurian tiga kali dalam seminggu dan dalam satu malam para pelaku melakukan dua kali pencurian. Para pelaku baru mengakui perbuatannya sebanyak 40 kali," tegas Asep.

Berdasarkan pengakuan salah satu pelaku RW, masing-masing pelaku mendapatkan bagi hasil Rp 1,7 juta. "Sudah tiga tahun mencuri, hasilnya untuk keluarga dan narkoba. Menggunakan narkoba sudah dua tahun," katanya. (Jr.)**

.

Tags:,