Fortusis Menyayangkan Atap Kelas SDN 115 Turangga Roboh

Fortusis Menyayangkan Atap Kelas SDN 115 Turangga Roboh

Atap kelas SD Negeri 115 Turangga Bandung roboh. (foto - prfmnews)

Bandung - Forum Orangtua Siswa (Fortusis) Kota Bandung menyayangkan robohnya atap ruang kelas milik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 115 Turangga. Pihak pimpinan SDN 115 Turangga dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota dinilai lalai, dalam pemeliharaan gedung sekolah.

Ketua Fortusis Kota Bandung Dwi Soebawanto bahkan menyatakan, pasalnya peristiwa robohnya atap ruang kelas SDN 115 Turangga Kota Bandung tersebut sudah pernah terjadi pada 2018 lalu.

"Kejadian di ruang kelas I atapnya ambruk tahun 2018. Kejadian yang beberapa hari lalu itu giliran atap ruangan kelas II. Ruang kelas yang lain pasti akan ambruk karena bangunannya menyatu, bukan yang bentuknya terpisah," kata Dwi, Jumat (4/10/2019).

Menurutnya, peristiwa ambruknya atap ruang kelas tidak akan terulang jika SDN 115 Turangga dan Disdik Kota Bandung melakukan audit bangunan pada 2018.

"Di Kota Bandung atap ruang kelas sekolah roboh bukan sesuatu yang aneh. Tahun 2012 dan 2014, di Haurpancuh pernah terjadi peristiwa serupa. Bayangkan di situ dekat dengan kantor gubernur. Ini suatu kelalaian Pemkot membiarkan hal itu bisa terjadi," tegas Dwi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Bandung Dani Nurohman mengatakan, SDN 115 Turangga telah masuk dalam daftar prioritas sekolah yang akan direnovasi pada anggaran tahun 2020.

Ia menyatakan, SDN 115 Turangga akan dibangun ulang dan menjadi bangunan 3 lantai. "Akan kami bongkar habis dan dibangun ulang. Kita akan bangun sesuai kemampuan anggaran, yakni tiga lantai. Lantai 1 untuk lapangan, lantai 2 dan 3 untuk proses belajar mengajar (kelas), perpustakaan dan sebagainya," katanya.

Dani menyatakan, pihaknya telah meminta kepala sekolah SDN 115 Turangga untuk menumpang di sekolah terdekat. Sebab menurut analisa Disdik Kota Bandung, seluruh atap kelas milik SDN 115 Turangga telah lapuk dan rawan ambruk.

"Sebetulnya untuk tahun ajaran sekarang sudah kita sarankan SDN 115 Turangga dievakuasi sementara ke sekolah terdekat lainnya. Kami khawatir dengan kondisi bangunan yang sekarang," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,