13 Pendaki Terjebak, Gunung Raung di Banyuwangi Terbakar

13 Pendaki Terjebak, Gunung Raung di Banyuwangi Terbakar

Kebakaran melanda hutan Gunung Raung di Banyuwangi Jatim. (foto - ist)

Banyuwangi - Sedikitnya  13  pendaki  terjebak  ketika  jalur  pendakian  Gunung  Raung  di  wilayah  Kalibaru  Banyuwangi terbakar. Wilayah yang terbakar sekitar pos 7 hingga 9, api pun membakar hutan sekitar pukul 12.30 WIB, Jumat (4/10/2019).

"Kami mendapatkan kabar ada kebakaran hutan di wilayah jalur pendakian Gunung Raung. Sebanyak 13 pendaki diduga terjebak di lokasi kebakaran," kata Kapolsek Kalibaru AKP Jabbar.

Namun, lokasi yang terbakar adalah wilayah Bondowoso. Pihaknya masih melakukan investigasi terkait para pendaki yang diduga terjebak. Mereka masuk atau naik ke puncak Raung melalui jalur di Dusun Wonorejo Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru.

Sementara itu, kebakaran hutan di sekitar Gunung Raung juga tampak dari kejauhan di wilayah Kecamatan Songgon. Puncak Gunung Raung terlihat memerah. "Sejak malam ini terlihat memerah. Bahkan tidak hanya satu titik," katanya.

Diketahui, dari ke-13 pendaki yang masih terjebak di pos 9 jalur pendakian Gunung Raung yang terbakar, 7 pendaki berasal dari Singapura. Ke-13 orang itu terdiri atas 2 porter, 2 guide, 2 WNI dan 7 WNA Singapura.

Mereka saat ini masih terjebak di camp 9. "Laporan dari guide mereka berada di sekitar pos 9, belum bisa turun," katar Humas Sekretariat Pendakian Gunung Raung Nugie.

Menurutnya, saat kebakaran jalur pendakian terjadi rombongan hendak turun ke pos 7. Namun terkendala dengan kebakaran besar yang menutup akses turun. "Berdasarkan kontak terakhir dengan pihak basecamp, kondisi logistik tinggal 1 kali makan," katanya.

Ke-13 pendaki yang terjebak di Gunung Raung:

1. Ng Hui-Lin (23/Pr) almt Singapore
2. Kom Jun Wei (25/Lk) WNA Singapore
3. Shervon Ong (24/Pr) WNA Singapore
4. Teo Yi Xian (24/Lk) WNA Singapore
5. Pang Jia Hui (25/Lk) WNA Singapore
6. Beh Ing Tsyr (23/Pr) WNA Singapore
7. Chua Ying Jie (27/Lk) WNA Singapore
8. Pak Widi (Lk) wiraswasta, almt Kalibaru, Kab.Banyuwangi
9. Sam almt Kalibaru(Lk) wiraswasta, Kab.Banyuwangi
10. Sinyo gimbal (Lk) wiraswasta,almt Kalibaru, Kab.Banyuwangi11
11. Pak Putri (Lk) wiraswasta, almt Kalibaru, Kab.Banyuwangi
12. Lutfi Sofian (23/Lk) mahasiswa,almt Wirowongso, Kec.Ajung, Kab.Jember
13. Felisianus Jeremy (35/Lk) karyawan swasta, almt Pegangsaan Dua, Kec.Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,