Lahan Sekitar Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey Terbakar

Lahan Sekitar Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey Terbakar

Api menghanguskan lahan di sekitar Kawah Putih Ciwidey Kabupaten Bandung. (foto - Polsek Ciwidey)

Bandung  -  Kebakaran  melanda   kawasan  objek  wisata  Kawah  Putih  yang   berada  di  wilayah  Kecamatan  Ciwidey Kabupaten Bandung, Senin (7/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 100 personel gabungan yang disiagakan ke lokasi kebakaran. Sementara luas lahan yang terbakar mencapai sekitar 5 hektar.

Menurutnya, titik awal kebakaran muncul dari sekitar Sunan Ibu di kawasan Kawah Putih. Diduga, kebakaran terjadi akibat puntung rokok yang dibuang secara sembarangan.

"Penyebab awal diduga ada yang membuang puntung rokok. Karena ada saksi yang melihat di Sunan Ibu ada beberapa orang, yang tanpa sengaja melempar puntung rokok. Karena banyak pohon pakis yang kering, sehingga api dengan cepat merembet ke bawah," katar Taufiq.

Taufiq mengakui, situasi di lapangan cukup menyulitkan petugas untuk memadamkan api. Hal itu dikarenakan medan yang curam, bebatuan dan sangat rawan.

Selain itu, tidak ada sumber air memadai yang dekat sekitar lokasi kebakaran. Dengan demikian, saat ini personel gabungan masih memantau dan membuat sekat-sekat di sekitar lahan yang terbakar.

Sejauh ini, masih terdapat beberapa titik api yang belum padam. Personel gabungan juga masih disiagakan di lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, belum ada konfirmasi terkait pengoperasian Kawah Putih untuk ke depannya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,