Dua Ikan Mola-mola Besar Mati Terdampar di Pulau Buru

Dua Ikan Mola-mola Besar Mati Terdampar di Pulau Buru

Dua ikan Mola-mola raksasa ditemukan mati terdampar di perairan Pulau Buru. (foto - ist)

Ambon - Warga Pulau Buru Maluku digegerkan dengan terdamparnya ikan Mola-mola di dua lokasi pantai berbeda. Lokasi penemuan ikan berukuran besar itu berada di pesisir pantai Desa Lamahang Kecamatan Waplau, dan di pantai Desa Hatawano Kabupaten Buru Maluku.

Berdasarkan penuturan salah seorang warga Desa Lamahang Syarif Kaimudin, ikan yang ditemukan terdampar di pesisir pantai desanya itu sangat besar. Ketika ditemukan ikan itu sudah dalam keadaan mati yang sempat menggegerkan warga.

"Ditemukan mati terdampar pada Sabtu, ukuran panjangnya sekitar 3 meter," katanya, Senin (7/10/2019). Menurutnya, setelah mengetahui kejadian itu warga langsung berbondong-bondong ke pesisir untuk melihat dari dekat kondisi ikan tersebut.

Bahkan, sejumlah warga mengaitkan penemuan ikan itu dengan bencana alam. "Heboh juga di sini, ada yang sampai bilang ini pertanda akan terjadi sesuatu, karena katanya di Ambon itu sebelum gempa juga sebelumnya ikan jenis ini terdampar juga di pantai," katanya.

Sementara, warga Desa Hatawano mengatakan, ikan dengan jenis yang sama juga ditemukan terdampar pesisir pantai desanya. Ikan itu telah dikuburkan di pesisir pantai desa tersebut. "Di sini juga ada ikan itu yang terdampar, tapi saya dengar sudah ditanam warga," katanya.

Sementara itu, Staf Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (PSPL) Sorong Satuan Kerja Ambon, Wiwit Handayani membenarkan penemuan terdamparnya ikan mola-mola di perairan Pulau Buru Maluku.

"Ya ada ikan yang terdampar di Pulau Buru, yakni jenis ikan mola-mola," katanya. Namun, saat disinggung soal penyebab kematian ikan-ikan itu, Wiwit enggan menjelaskan secara detail. Ia hanya menyebut ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kematian ikan tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,