Pipa BBM Bocor Semburkan Solar Cemari Sumur Warga

Pipa BBM Bocor Semburkan Solar Cemari Sumur Warga

Pipa Pertamina bocor semburkan Solar hingga mencemari sumur warga di Wanareja Cilacap. (foto - ist)

Cilacap - Semburan BBM jenis solar setinggi 15 - 20 meter terjadi pada jaringan pipa Pertamina Cilacap - Bandung, tepatnya di Dusun Sidodadi Desa Tarisi Kecamatan Wanareja Cilacap, Senin (7/10/2019).

Diduga, hal itu terjadi akibat jaringan pipa mengalami kebocoran. Akibat semburan BBM jenis solar itu menyebabkan galian pipa jaringan baru digenangi minyak, dan mencemari sumur warga yang berdekatan dengan jaringan pipa.

Di lokasi semburan minyak itu tengah dilakukan pemasangan pipa baru. Diperkirakan, saat memasang ganjal dari besi T mengenai jaringan pipa lama yang dimungkinkan sudah karatan.

Padahal, pada saat bersamaan tengah dilakukan pemompaan minyak jenis solar dari Cilacap ke Bandung. Seketika menimbulkan semburan dari pipa yang tertekan besi T tersebut.

Banyak minyak yang keluar dari pipa bocor itu hingga memenuhi galian pipa baru dan merembes ke tanah hingga mencemari sumur warga setempat. Perkiraan sementara, minyak yang tumpah dari semburan itu mencapai 1.500 meter kubik lebih.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap Awaludin Muuri mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan penyelidikan sekaligus berkoordinasi dengan Pertamina MOR untuk menanggulangi pencemaran minyak tersebut.

"Antara lain dengan menyedot sisa minyak yang ada pada galian pipa baru dan sumur-sumur warga tersebut," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,