Tersangka Suap Bupati Lampung Utara Resmi Jadi Tahanan KPK

Tersangka Suap Bupati Lampung Utara Resmi Jadi Tahanan KPK

Bupati Lampung Utara ditahan di Rutan KPK cabang Pomdam Jaya Guntur. (foto - ist)

Jakarta - KPK resmi menahan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, tersangka kasus dugaan suap sejumlah proyek di Lampung Utara. Agung keluar dari gedung KPK Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019) sekitar pukul 02.45 WIB.

Agung pun sudah mengenakan rompi tahanan berwarna oranye lengkap dengan tangan diborgol. Ia langsung berjalan ke mobil tahanan. Tidak banyak bicara saat keluar KPK. "Tanya ke penyidik saja," katanya.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, Agung ditahan selama 20 hari pertama. Ia ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) KPK cabang Pomdam Jaya Guntur. "AIM (Agung Ilmu Mangkunegara) ditahan di Rumah Tahanan Pomdam Jaya Guntur," katanya.

KPK pun menahan 5 tersangka lainnya sebagai orang kepercayaan bupati. Yakni Raden Syahril, Kepala Dinas PUPR Lampung Utara Syahbuddin, Kepala Dinas Perdagangan Lampung Utara Wan Hendri serta dua pihak swasta Chandra Safari dan Hendra Wijaya. Mereka ditahan di rutan yang berbeda.

Diduga, Agung menerima uang total Rp 1,2 miliar dari sejumlah proyek di Dinas Perdagangan dan Dinas PUPR Lampung Utara. Uang tersebut diterima Agung secara bertahap.

Untuk proyek di Dinas Perdagangan, Agung diduga sudah menerima suap Rp 200 juta. Sementara dari proyek Dinas PUPR, diduga telah menerima suap total Rp 1 miliar. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,