Kujang Gunung Padang ditemukan?

Kujang Gunung Padang ditemukan?

Jakarta – Proses eskavasi situs sejarah megalitikum Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memasuki babak baru. Pasalnya, tim arkeolog yang melakukan kegiatan eskavasi di situs tersebut, menemukan sebuah benda yang mirip dengan senjata khas Jawa Barat berupa Kujang.

Sejauh ini tim arkeolg masih terus melakukan penelitian terhadap temuan tersebut. Muncul dugaan temuan benda mirip kujang tersebut, mengilhami generasi sesudahnya untuk membuat Kujang. Namun seberapa besar kemungkinannya, tim masih terus melakukan berbagai pengembangan lanjutan.

Menurut arkeolog dari Universitas Indonesia (UI), Ali Akbar, Senin (15/09/2014), pihaknya masih terus mendalami dan meneliti temuan terbaru tersebut. "Namun karena menyerupai bentuk senjata, kita sebut sementara ini sebagai 'Kujang Gunung Padang'," ungkapnya.

Ia menyebutkan, benda yang ditemukan tersebut memang mirip senjata, karena terdapat pegangan semacam pinggang, serta ada bagiab bilah yang bifacial tajam di kedua sisinya. “Yang jelas nama asli benda itu belum diketahui persis karena berasal dari masa prasejarah yakni suatu perioede ketika manusia belum mengenal huruf,” ujarnya. Seperti diketahui, periode penghunian situs Gunung Padang yang telah diketahui minimal mulai 5200 SM sampai minimal 500 Masehi. Sebab itu, diduga temuan artefak mirip senjata khas Jawa Barat Kujang ini, berasal dari kurun waktu masa-masa tersebut. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,