17 Desa di Kabupaten Magelang Diguyur Hujan Abu Merapi

17 Desa di Kabupaten Magelang Diguyur Hujan Abu Merapi

Hujan abu Vulkanik Merapi di jalan Desa Ngablak Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Senin 14 Oktober. (foto - ant)

Magelang - Sekitar 17 desa di enam kecamatan Kabupaten Magelang terdampak hujan abu Gunung Merapi. Enam kecamatan itu yakni Srumbung, Dukun, Salam, Muntilan, Mungkid serta Sawangan, Senin (14/10/2019) sore.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Magelang, hingga pukul 18.20 WIB sebaran abu terjadi di wilayah Kecamatan Srumbung meliputi Desa Ngargosoko, Mranggen dan Srumbung. Lalu di wilayah Kecamatan Dukun meliputi Desa Sumber, Talun, Ngargomulyo, Kalibening, Ngadipuro, Mangunsoko dan Dukun.

Hujan abu juga terjadi di wilayah Kecamatan Salam meliputi Sucen dan Jumoyo. Untuk Kecamatan Sawangan di Desa Sawangan. Selain itu, di Desa Tamanagung dan Muntilan Kecamatan Muntilan. Sedangkan di Kecamatan Mungkid meliputi Desa Bojong dan Pabelan.
Jarak bahaya 3 km dari puncak. Di luar radius itu masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. Masyarakat diimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

Kepala Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun Yatin mengatakan, hujan abu terjadi di wilayah Ngargomulyo. Namun demikian, warga masih kondusif. "Hujan abu di sini lumayan. Warga masih kondusif dan tenang," katanya.

Saat letusan katanya, warga di Desa Ngargomulyo tidak melihat adanya asap membumbung karena kawasan puncak terdapat kabut sehingga tidak kelihatan jelas. "Di Dusun Batur Ngisor memang agak tebal," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,