"Bupati Karawang" Hari Ini Sidang Perdana

Bupati Karawang non aktif, Ade Swara.(Foto : Ade/CikalNews)

Bandung – Hari ini, Bupati Karawang non aktif, Ade Swara  beserta istrinya Nurlatifah akan menjalani sidang perdananya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung dengan kasus pemerasan dan pencucian uang.

 

Agenda sidang pada kali ini akan berisi pembacaan surat dakwaan oleh JPU (Jaksa Penuntut Umum) dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Demi menjaga persidangan dari aksi unjuk rasa LSM dan Ormas, Pengadilan Tipikor Bandung berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengamankan area Pengadilan Tipikor Bandung di Jl. RE. Martadinata, Kota Bandung.

 

Berdasarkan keterangan Humas Pengadilan Negeri Bandung, Djoko Indiarto, persidangan Bupati Karawang non aktif, Ade Swara akan menarik perhatian masyarakat dan massa yang peduli terhadap korupsi. Namun pihak pengadilan tidak akan melakukan pengamanan khusus saat sidang.

 

“Pengamanan khusus atau persiapan tertentu tidak ada, kami hanya melakukan koordinasi dengan polisi agar melakukan pengamanan saat ada aksi unjuk rasa. Proses persidangan akan berjalan seperti biasa saat sidang korupsi lainnya,” terang Djoko Indiarto, Selasa (2/12/2014).

 

Djoko menambahkan, KPK menuntut Ade Swara beserta istri karena terbukti melakukan pemerasan kepada PT. Tatar Kerta Bumi perihal surat perizinan mendirikan Mal di Karawang, Jawa Barat.

 

“Ade Swara beserta istri terbukti tertangkap tangan meminta uang Rp. 5 milyar kepada PT. Tatar Kerta Bumi untuk proses pengeluaran surat izin, ,” tambahnya.

S

idang Bupati Karawang non aktif, Ade Swara akan dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Nawawi Pamolanggo, dan dua Majelis Hakim lain, yaitu ; Andrianto, dan Djoko Indiarto. 

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,kpk,