Hutan Gunung Ranti Terbakar Akses Menuju Ijen Ditutup

Hutan Gunung Ranti Terbakar Akses Menuju Ijen Ditutup

Kebakaran hutan di Gunung Ranti di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi Jatim. (foto - BPBD Banyuwangi)

Banyuwangi - Kebakaran hutan di Gunung Ranti terus meluas yang dipicu tiupan angin kencang. Api membakar separuh gunung yang berada di bagian barat perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi Jatim.

"Api pun sudah sampai ke jalan sehingga akses ditutup. Saya nekat turun karena kondisi Paltuding rusak karena api membakar sekitar TWA (Taman Wisata Alam) Kawah Ijen," kata anggota Koramil Glagah Banyuwangi, Serma Dedi Rizal, Minggu (20/10/2019).

Api sudah membakar separuh Gunung Ranti di sisi sebelah barat. Api pun terus membesar setelah terjadi badai yang berlangsung sejak sore. Bahkan, api mencapai jalan 500 meter menuju area Paltuding TWA Ijen.

"Sejak sore hari memang sudah ada badai. Ada beberapa titik api di sekitar jalan masuk," tambahnya. Asap dampak kebakaran itu pun mengganggu pernapasan warga sekitar. Kepulan asap tebal terbang mengikuti arah angin berembus.

"Saya mengalami sesak napas terkena asap yang sangat tebal. Rencananya kita ikut acara pengamanan Parade Merah Putih Di Puncak Ijen," tegasnya.

Terkait kebakaran ini, Polres Banyuwangi sudah melakukan penutupan jalur menuju ke arah Wisata Kawah Ijen lewat jalur Banyuwangi. Api membesar hingga merangsek ke sisi bagian timur gunung yang tingginya 2.601 mdpl.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam menyatakan, Gunung Ranti terbakar, sejak Sabtu 19 Oktober saat menjelang magrib. Sisi barat Gunung Ranti merupakan wilayah yang mengalami kebakaran hebat. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,