Hutan Jati Milik Perhutani di Kabupaten Ciamis Terbakar

Hutan Jati Milik Perhutani di Kabupaten Ciamis Terbakar

Kebakaran hutan jati milik Perum Perhutani di Kabupaten Ciamis. (foto - ist)

Ciamis - Hutan jati milik Perhutani yang berada Dusun Cituur Desa Sukajadi Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis terbakar. Akibatnya, sedikitnya tanaman jati yang berada di lahan seluas 3 hektar hangus terbakar, Kamis (24/10/2019).
 
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis Soekirman menyatakan, awalnya kebakaran diketahui oleh petugas yang tengah melakukan patroli di sekitar lahan. Petugas saat itu melihat kepulan asap di petak 87 B2 dan merembet ke petak 87 B1.
 
"Petugas langsung berkoordinasi dan melakukan pemadaman. Kita kirim tim untuk membantu proses pemadaman bersama Perhutani, warga dan aparat setempat," ujarnya.
 
Proses pemadaman sempat terkendala peralatan yang kurang memadai, ditambah lokasinya yang jauh dari sumber air. "Taksiran kerugian belum diketahui, namun luas hutan jati yang terbakar mencapai sekitar 3 hektar," katanya.
 
Selain di Pamarican lanjut Soekirman, kebakaran lahan juga terjadi di wilayah lainnya, yaitu di lahan Dusun Cisarua Desa Pasawahan Kecamatan Banjaranyar. "Kebakaran lahan di Pamarican jauh dari permukiman, sedangkan yang di Banjaranyar lokasinya 800 meter dari permukiman warga," tegasnya.
 
Di Banjaranyar, lahan yang terbakar adalah lahan bambu dan kebun cengkeh milik warga seluas 4 hektar. "Akibat kebakaran ini kerugian mencapai Rp 30 juta," tambah Soekirman. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,