Bendungan Jati Gede Juli 2015 Siap Dialiri

Bendungan Jati Gede Juli 2015 Siap Dialiri

Ketua Bapeda Jawa Barat, Denny Juanda. (Foto : Cikalnews/Ade)

Bandung - Bendungan Jati Gede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat per Juli 2015 diperkirakan sudah siap diairi karena semua fasilitas dan kondisi fisik bendungan telah siap digunakan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Hal ini  berkat kerjasama dengan PLN, rencananya bendungan ini akan disulap menjadi PLTA layaknya di Saguling atau Jatiluhur.

Menurut Ketua Bapeda Jawa Barat, Denny Juanda, proses pembangunan bendungan sudah rampung tinggal mengurusi masalah ganti rugi.

“Total desa yang akan kena dampak penggusuran Bendungan Jati Gede yaitu ada 15 desa, dan yang akan mendapatkan ganti rugi itu ada sekitar 11.000 KK, sedangkan yang sudah dibebaskan saat ini baru 6.500 KK,” ujar Deddy Juanda di Gedung Sate, Kota Bandung.

Denny menambahkan, bagi warga yang mempunyai hak sertifikat atas tanah yang ditempati, maka ganti rugi akan sesuai dengan harga yang berlaku, sedangkan jika tidak ada bukti sah seperti sertifikat, warga hanya akan mendapat uang sebesar Rp. 29 juta setiap KK.

“Kita tinggal menunggu dana ganti rugi yang diberikan dari pemerintah pusat. Total ganti rugi atas tanah yang bersertifikat dan menjadi hak warga berkisar sekitar Rp. 629 miliar,” tambahnya.

Jika proses ganti rugi sudah berjalan lancar dan tanpa kendala, maka pengairan Bendungan Jati Gede, Kabupaten Sumedang diperkirakan akan dilakukan pada Juli 2015.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,