12 Calon Wamen Kabinet Indonesia Maju Dipanggil ke Istana

12 Calon Wamen Kabinet Indonesia Maju Dipanggil ke Istana

Angela Tanoesoedibjo jadi Wakil Menteri Parekraf sebagai anggota termuda Kabinet Indonesia Maju. (foto - ist)

Jakarta  -  Sebanyak  12  calon  wakil  menteri  telah  dipanggil  ke  Istana  yang  sudah  mengetahui  posisinya. Ke-12  wakil menteri tersebut dilantik Presiden Jokowi, pada Jumat (25/10/2019).

Mereka yang dipanggil antara lain ada direktur utama, diplomat, relawan pendukung Jokowi hingga elit parpol sudah datang ke Istana Kepresidenan Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).

Posisi dan nama calon wakil menteri yang dilantik:

1. Wakil Menteri Luar Negeri: Mahendra Siregar (Dubes RI untuk AS)
2. Wakil Menteri Pertahanan: Wahyu Sakti Trenggono (Pengusaha/Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf)
3. Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhid (Politikus senior PPP/Waketum MUI)
4. Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara (Kepala Badan Kebijakan Fiskal)
5. Wakil Menteri PUPR: John Wempi Wetipo (Politikus PDIP)
6. Wakil Menteri LHK: Alue Dohong (Deputi Badan Restorasi Gambut)
7. Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga (Politikus Golkar)
8. Wakil Menteri Desa PDTT: Budi Arie Setiadi (Ketum Projo)
9. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang: Surya Tjandra (Politikus PSI)
10. Wakil Menteri BUMN: Budi Sadikin (Direktur Utama Mining Industry Indonesia)
11. Wakil Menteri BUMN: Kartika Wirjoatmojo (Direktur Utama Bank Mandiri)
12. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo (Pengusaha/Perindo).

Sementara itu, dari ke-12 nama yang dipanggil jadi wakil menteri tersebut, ada nama yang termuda dalam keanggotaan Kabinet Indonesia Maju. Yakni Angela Herliani Tanoesoedibjo yang menjadi Wakil Menteri Parekraf.

Angela adalah putri sulung salah satu orang terkaya Indonesia Hary Tanoesodibjo. Ia lahir di Ottawa Kanada, pada 23 April 1987. Berumur 32 tahun, Angela berpotensi menjadi wakil menteri termuda, bahkan juga yang paling muda di antara seluruh sosok di Kabinet Indonesia Maju.

Dalam riwayat pendidikannya, Angela meraih gelar Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney Australia tahun 2008, serta Master of Commerce dalam bidang Keuangan dari Universitas New South Wales Australia tahun 2010.

Berdasarkan profil di situs resmi MNC, Angela menjadi direktur perusahaan induk dari stasiun RCTI, MNC dan Global TV, sejak Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 30 September 2016. Sebelum menjadi direktur, Angela sudah masuk di MNC pada 2008, dan mendalami berbagai peran manajemen di seluruh portofolio bisnis perseroan.

Di stasiun televisi grup MNC, anak pertama dari lima bersaudara pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo tersebut, menjabat sebagai Managing Director PT Global Informasi Bermutu (GTV/Global TV).

Sejumlah jabatan sebelumnya yakni Direktur PT MNI Entertainment (November 2011-Juni 2017), Wakil Direktur MNC Channels (2013-2014) dan Corporate Finance and Business Development Associate MNC (2010-2013).

Sebelumnya, Angela menjadi calon anggota (caleg) dari Partai Perindo yang didirikan ayahnya. Ia maju dengan nomor urut 1 di Daerah Pemilihan Jawa Timur 1 dengan daerah pemilihan Surabaya dan Sidoarjo, namun gagal lolos ke Senayan. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,