Lereng Gunung Lawu Terbakar Jalur Pendakian pun Ditutup

Lereng Gunung Lawu Terbakar Jalur Pendakian pun Ditutup

Kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu Karanganyar Jateng. (foto - ist)

Karanganyar - Dalam beberapa hari terakhir sejumlah titik di hutan lereng Gunung Lawu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah terbakar. Akibatnya, jalur pendakian dan wisata Gunung Lawu melalui Candi Cetho, Cemoro Kandang dan Pringgondani pun untuk sementara ditutup.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, penutupan wana wisata ke Puncak Gunung Lawu berdasarkan surat pemberitahuan dari Pemkab Karanganyar. Penutupan terhitung mulai 21 Oktober 2019.

"Penutupan dilakukan karena kawasan hutan Gunung Lawu di beberapa titik terbakar," katanya, Jumat (25/10/2019). Penutupan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. "Kita menunggu sampai api benar-benar padam," katanya.

Jawoto mengatakan, kawasan hutan Gunung Lawu yang terbakar terjadi di sekitar Cetho hingga masuk ke Kecamatan Jatiyoso Karanganyar, dengan luasan sekitar 10 hektar. Namun sebagian titik sudah berhasil dipadamkan.

Meski sudah dipadamkan, pihaknya bersama relawan Gunung Lawu masih terus melakukan pemantauan di kawasan hutan Gunung Lawu. Apalagi, kawasan hutan yang terbakar itu mengandung tanah humus. "Dari permukaan tampak sudah padam, tapi kalau terkena hembusan angin kembali muncul asap," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,