Pulangkan PA, Statusnya Saksi dalam Kasus Prostitusi Online

Pulangkan PA, Statusnya Saksi dalam Kasus Prostitusi Online

PA akhirnya dipulangkan statusnya masih sebagai saksi. (foto- ist)

Surabaya - Publik figur berinisial PA (23) yang tertangkap jajaran Polda Jatim dalam kasus prostitusi online di sebuah hotel di Kota Batu Malang akhirnya dipulangkan. Selain PA, polisi juga mengamankan JL, seorang pria yang diduga sebagai mucikari.

"Ya ia sudah dipulangkan," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Minggu (27/10/2019). Barung meluruskan pernyataan sebelumnya mengenai status PA. Ia menyebutkan, PA masih berstatus sebagai saksi (sebelumnya ditulis tersangka).

Polisi pun belum memiliki cukup bukti untuk menaikkan status PA menjadi tersangka. "Kenapa saksi, karena belum ada fakta hukum PA untuk dijerat UU ITE atau Undang-undang mengenai prostitusi," katanya.

Sementara itu, mucikari berinisial JL telah ditetapkan sebagai tersangka. "JL dijerat Pasal 296 jo Pasal 506 KUHP," tegas Barung. Dalam kasus tersebut, pihak kepolisian telah menyita uang senilai Rp 13 juta, yang dipakai sebagai uang muka untuk kegiatan prostitusi tersebut.

Mengenai kemungkinan adanya artis lain menurut Barung, kasusnya masih dikembangkan. "Ada pemesan yang kita tidak usah sebutkan namanya. Nanti kasusnya masih belum dilakukan gelar perkara," kata Barung.

Ditanya mengenai pelaku atau tersangka lain yang melibatkan artis, Barung belum mau membeberkannya. Menurutnya, ada kemungkinan namun itu masih menunggu kepastian dari pengembangan kasus.

"Kemungkinan ada, tapi tunggu kemungkinan hasil gelar perkara pengembangan hasil lain. Kita akan update," tegasnya. Sejauh ini, polisi masih mendalami prostitusi online yang melibatkan PA. Semua pihak diminta untuk bersabar dan memberikan kesempatan kepada penyidik untuk melakukan pemeriksaan.

"Tahan dulu nanti kita berikan kesempatan penyidik kalau pemeriksaan yang kita lakukan seperti teknik kepolisian untuk mengungkap itu, tentunya kita tidak akan berikan itu. Berikan kesempatan penyidik untuk mengembangkan".

Seperti diketahui, PA digerebek saat berhubungan badan dengan pria hidung belang di Kota Batu Malang. Penggerebekan yang dilakukan pukul 19.00 WIB pada Jumat, dan polisi mengamankan 4 orang. Yakni PA, mucikari prostitusi online, pengguna PA dan driver yang mengantar PA ke hotel di kawasan Kota Batu. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,